Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran kolaboratif berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran IPAS siswa kelas V MIS Raudlatul Mutaallimin tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode true experimental design (eksperimen yang betul-betul). Penelitian ini menggunakan rancangan penelit…
The purpose of this research is to find the student's perceptions of the language styles of the English poster of IAIN Salatiga events and to explain the language styles used in the English poster of IAIN Salatiga events. This study uses a qualitative method with the collection of data and information needed through questionnaires and interviews, to the fifth semester and seventh semester of En…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila dan rahmatan lil alamin, faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila dan rahmatan lil alamin pada peserta didik MAN Salatiga. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan do…
Evektifitas; Game Wordwall; Materi Imbuhan Me- Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui keefektifan penggunaan game edukasi wordwall pada materi imbuhan “me-” dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV. Metode penelitian yang diterapkan berjenis kuantitatif melalui metode quasi eksperimen Pretest-Posttest Control Group Desaind. Populasi yang diteliti adalah seluruh siswa kelas IV MIN…
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran project based learning membuat mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi lingkaran siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sragen. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain Pre-Test dan Post-Test. Sampel penelitian terdiri dari kelas VII E sebagai kelas eksperimen (32 siswa) dan kelas VII G seba…
reward and punishment, minat belajar matematika, percaya diri siswa. Tujuan utama penelitian ini adalah mengetahui apakah reward and punishment memiliki pengaruh terhadap minat belajar matematika dan rasa percaya diri siswa. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui seberapa besar minat belajar matematika dan rasa percaya diri siswa kelas VI MI Ma'arif Kumpulrejo 02 pada tahun ajaran 2024…
Di era digital, teknologi informasi memiliki peran penting dalam pendidikan, termasuk dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Namun, berdasarkan observasi di SD Muhammadiyah Plus Salatiga, hanya 40% siswa kelas 4 yang mampu mengoperasikan teknologi dengan baik, sementara 60% lainnya masih terbatas dalam penggunaannya. Salah satu penyebab rendahnya kemapuan informasi teknolog…
Penelitian ini brtujuan untuk mengetahui: (1) Bagiamana pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X DPIB B SMK N 2 Salatiga dalam pelajaran PAI dan Budi Pekerti Tahun 2024/2025. (2) Bagaimana motivasi dapat memoderasi minat belajar terhadap hasil belajar pada siswa kelas X DPIB SMK N 2 Salatiga dalam pelajaran PAI dan Budi Pekerti Tahun 2024/2025. (3) Bagaiamana pengaruh minat b…
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan literasi digital terhadap kemandirian belajar PAI siswa kelas VIII SMP N 3 Salatiga tahun ajaran 2024/2025. (2) Untuk mengetahui pengaruh berpikir kreatif terhadap kemandirian belajar PAI siswa kelas VIII SMP N 3 Salatiga tahun ajaran 2024/2025. (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan literasi digital dan berpikir krea…
This study aimed to find out the influence of motivation and persistence on English learning achievement among twelfth-grade students at MAN 2 Semarang. A quantitative method was employed, using questionnaires and students’ English report scores. Data were analyzed using SPSS IBM 30.0. The instrument met the validity and reliability requirements (sig > 0.05), and the data were normally distri…