Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran kolaboratif berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran IPAS siswa kelas V MIS Raudlatul Mutaallimin tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode true experimental design (eksperimen yang betul-betul). Penelitian ini menggunakan rancangan penelit…
reward and punishment, minat belajar matematika, percaya diri siswa. Tujuan utama penelitian ini adalah mengetahui apakah reward and punishment memiliki pengaruh terhadap minat belajar matematika dan rasa percaya diri siswa. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui seberapa besar minat belajar matematika dan rasa percaya diri siswa kelas VI MI Ma'arif Kumpulrejo 02 pada tahun ajaran 2024â…
Di era digital, teknologi informasi memiliki peran penting dalam pendidikan, termasuk dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Namun, berdasarkan observasi di SD Muhammadiyah Plus Salatiga, hanya 40% siswa kelas 4 yang mampu mengoperasikan teknologi dengan baik, sementara 60% lainnya masih terbatas dalam penggunaannya. Salah satu penyebab rendahnya kemapuan informasi teknolog…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media Augmented Reality (AR) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V materi organ pernapasan manusia di MI Raudlatul Muta’alimin, Kabupaten Semarang. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa akibat metode pembelajaran yang …
Munir, Muhammad Syaiful. 2025. Pengaruh Program Literasi Terhadap Rasa Percaya Diri dan Minat Membaca Siswa MIN 11 Boyolali Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Dr. Suwardi, M.Pd. Kata Kunci : program literasi; rasa percaya diri; minat membaca Peneliti…