Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran kolaboratif berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran IPAS siswa kelas V MIS Raudlatul Mutaallimin tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode true experimental design (eksperimen yang betul-betul). Penelitian ini menggunakan rancangan penelit…
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1.) pengaruh keaktifan berorganisasi terhadap kedisiplinan beribadah siswa, 2.) pengaruh konsep diri terhadap kedisiplinan beribadah siswa, dan 3.) pengaruh keaktifan berorganisasi dan konsep diri terhadap kedisiplinan beribadah pada siswa di MAN 2 Semarang Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis korelasional …
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain Non-Equivalent Pre-Test and Post-Test control-group design. Instrumen yang digunakan adalah skala percaya diri yang sudah direview oleh pakar dan sudah diuji validitas dan reliabilitas sehingga layak digunakan. Populasi penelitian ini berjumlah 32 siswa kelas VIIA SMP N 10 Salatiga. Sampel diambil dengan purposive sampling sebanyak 16 siswa …
Ma’rifah, Amalia. 2025. Efektivitas Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Open-Ended berbantuan LKPD Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tengaran Tahun Pembelajaran 2024/2025. Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Saiful Marom, M.Sc. Kata Kunci : Efektivitas; Problem…
http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/15994
http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/16110