Text
EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN E-LKPD PADA POKOK BAHASAN EKOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2024/2025
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model Problem Based Learning berbantuan E-LKPD pada pokok bahasan ekologi terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMP Negeri 3 Salatiga tahun pelajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode True Experimental dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Salatiga. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel terdiri atas kelas VII B dan VII D. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen soal, angket, lembar observasi (lembar keterlaksanaan dan lembar aktivitas siswa), dan lembar dokumentasi. Data diolah menggunakan teknik Independent Sample T-Test menggunakan perangkat lunak SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata posttest pokok bahasan ekologi kelas eksperimen (81,5) > kelas kontrol (75,1). Berdasarkan analisis uji-t (Independent Sample Test) diperoleh nilai sig 0,010 < 0,05 sehingga dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak Ha diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan E-LKPD pada pokok bahasan ekologi efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Salatiga Tahun Pelajaran 2024/2025. Hasil tersebut didukung oleh hasil angket dan hasil observasi dengan persentase respon siswa (83,6%), observasi keterlaksanaan (88,4%) dan observasi aktivitas siswa (87,5%) yang berarti pembelajaran mendapatkan respon sangat positif, sintaks terlaksana, serta siswa berpartisipasi aktif dalam pembelajaran dengan baik.
Tidak tersedia versi lain