UPT Perpustakaan UIN Salatiga

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN E-LKPD PADA POKOK BAHASAN EKOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2024/2025

ALFIYA NUR AZIZAH - Nama Orang; Muslimah Susilayati - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model Problem Based Learning berbantuan E-LKPD pada pokok bahasan ekologi terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMP Negeri 3 Salatiga tahun pelajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode True Experimental dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Salatiga. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel terdiri atas kelas VII B dan VII D. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen soal, angket, lembar observasi (lembar keterlaksanaan dan lembar aktivitas siswa), dan lembar dokumentasi. Data diolah menggunakan teknik Independent Sample T-Test menggunakan perangkat lunak SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata posttest pokok bahasan ekologi kelas eksperimen (81,5) > kelas kontrol (75,1). Berdasarkan analisis uji-t (Independent Sample Test) diperoleh nilai sig 0,010 < 0,05 sehingga dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak Ha diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan E-LKPD pada pokok bahasan ekologi efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Salatiga Tahun Pelajaran 2024/2025. Hasil tersebut didukung oleh hasil angket dan hasil observasi dengan persentase respon siswa (83,6%), observasi keterlaksanaan (88,4%) dan observasi aktivitas siswa (87,5%) yang berarti pembelajaran mendapatkan respon sangat positif, sintaks terlaksana, serta siswa berpartisipasi aktif dalam pembelajaran dengan baik.


Ketersediaan
#
UPT Perpustakaan UIN Salatiga SK 2025 AZI e
25SK412
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
SK 2025 AZI e
Penerbit
Salatiga : UIN Salatiga., 2025
Deskripsi Fisik
30 cm, 301 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2025
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
ILMU PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Penulis,ALFIYA NUR AZIZAH;Pembimbing,Muslimah Susilayati
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UIN Salatiga
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?