Text
Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, Dan Sertifikasi Halal Terhadap Niat Beli Konsumen Yaska 57 Salatiga: Peran Pengaruh Sosial Sebagai Pemoderasi
Penelitian ini berawal dari permasalahan yang dihadapi oleh Yaska 57 Salatiga, yaitu adanya ketimpangan dalam penurunan penjualan pada variasi produk tertentu. Tujuan penelitian ini untuk memberikan bukti empiris tentang pengaruh persepsi harga, kualitas produk, dan sertifikasi halal terhadap niat beli, serta peran pengaruh sosial sebagai pemoderasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada konsumen Yaska 57 di Kota Salatiga. Sampel yang diambil terdiri dari 105 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan perangkat lunak SmartPLS versi 4.1.1.1 dengan pendekatan Pertial Last Square (PLS). Analisis ini memuat pengujian dengan inner model, outer model, dan Moderated Regression Analysis (MRA). Kontribusi kebaruan dalam penelitian ini adalah penambahan variabel pengaruh sosial sebagai variabel moderasi. Hasil penelitian menyebutkan bahwa: 1) Persepsi harga tidak berpengaruh terhadap niat beli. 2) Kualitas produk berpengaruh positif signifikan terhadap niat beli. 3) Sertifikasi halal berpengaruh positif signifikan terhadap niat beli. 4) Pengaruh sosial berpengaruh positif signifikan terhadap niat beli. 5) Pengaruh sosial tidak memoderasi hubungan antara persepsi harga terhadap niat beli. 6) Pengaruh sosial tidak memoderasi hubungan antara kualitas produk terhadap niat beli. 7) Pengaruh sosial tidak memoderasi hubungan antara sertifikasi halal terhadap niat beli.
Tidak tersedia versi lain