reward and punishment, minat belajar matematika, percaya diri siswa. Tujuan utama penelitian ini adalah mengetahui apakah reward and punishment memiliki pengaruh terhadap minat belajar matematika dan rasa percaya diri siswa. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui seberapa besar minat belajar matematika dan rasa percaya diri siswa kelas VI MI Ma'arif Kumpulrejo 02 pada tahun ajaran 2024â…
Pengaruh Penghasilan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas VI MI Al Islam Bedono Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi: Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam, Jurusan Guru Mata Pelajaran. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Arif Billah, M.Pd. Kata Kunci: Penghasilan Orang Tua, Hasil Belajar Siswa Penelitian…
Khotimah, Septin Khusnul. 2025. Efektivitas Model Pembelajaran CORE Berbantuan Media Aplikasi Truth Or Dare Pokok Bahasan Struktur Bumi dan Perkembangannya Terhadap Keterampilan Berpikir Analitis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tengaran Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi. Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Ari…
ABSTRAK Norizzah, Siti. 2025. “Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 Di MI Ma’arif Mangunsari Tahun Ajaran 2024/2025”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Jurusan Guru Kelas Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Muhammad Arif Al-Fikri,M.Pd. Kata Kunci : Gerakan Literasi Seko…
Zaidatul, Siti 2024. Dampak Game Online pada Siswa Kelas V di SD Negeri Ledok 02 Salatiga Tahun Ajaran Tahun 2024/2025. Skripsi Program Studi Pendidikn Guru Madrasah Ibtidaiyah Jurusan Guru Kelas Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Muhammad Arif Al Fikri, M.Pd. Kata kunci: Analisis dampak, game online Game online adalah game yang berbasis elektronik…
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: 1) mengetahui penggunaan media sosial TikTok siswa kelas 5 MIN Salatiga. 2) mengetahui motivasi belajar siswa kelas 5 MIN Salatiga. 3) mengetahui pengaruh penggunaan media sosial TikTok terhadap motivasi belajar siswa kelas 5 MIN Salatiga tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Jumla…
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menerapkan permainan gratok lantang di TK Hikmah Tazkia, (2) meningkatkan perkembangan perilaku prososial melalui permainan gratok lantang pada siswa kelompok A di TK Hikmah Tazkia Kota Salatiga. Subjek dari penelitian ini adalah 13 siswa kelompok A kelas Naim yang terdiri dari 7 siswa perempuan dan 6 siswa laki-laki. Penelitian yang digunakan yakni Penelitian…
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran CIRC berpendekatan saintifik terhadap keterampilan berpikir analitis peserta didik pada materi spesialisasi sel. Model CIRC digunakan secara tidak langsung juga bertujuan untuk meningkatkan minat baca peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis true experimental. Skema dalam pe…
Mahmudah, Intan Fa’izatul. 2025. Efektivitas Metode diskusi Buzz Group Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran IPAS Siswa Kelas V MI Ma’arif Tarbiyatul Islamiyah Noborejo : skripsi, Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Jurusan Guru Kelas. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: M. Arif Al Fikri, M. Pd Kata Kunci: Metode diskus…
Santoso, Dwi. 2025. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Berdiferensiasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Bangun Datar Kelas VII SMP Negeri 1 Bringin. Skripsi. Salatiga. Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Saiful Marom, S.Si., M.Sc. Kata Kunci: Efektivitas, Proble…