Text
PENGEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGGUNTING DAN MENEMPEL DENGAN KERTAS BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A RA AL ASYHAR KESONGO TAHUN PELAJARAN 2024/2025
penelitian ini adalah kegiatan menggunting dan menempel dengan kertas bergambar yang sering dilaksanakan di RA Al Asyhar Kesongo pada anak kelompok A dapat membantu mengembangkan kemampuan motorik halus anak. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian deskriptif kualitatif di mana penelitian ini menggunakan data deskriptif yang berupa kalimat tertulis dan lisan yang didapatkan dari objek penelitian. Penelitian ini mencari dan mengumpulkan data dengan menggunakan alat pengumpulan data yang berupa kualitatif deskriptif yaitu berupa observasi di kelas; wawancara dengan kepala sekolah, guru, perwakilan wali murid kelompok A dan perwakilan murid kelompok A; serta dokumentasi pelaksanaan. Perkembangan motorik halus anak melalui kegiatan menggunting dan menempel dengan kertas bergambar yang melewati delapan tahapan menggunting yang dilaksanakan di RA Al Asyhar Kesongo pada anak kelompok A sudah berkembang sesuai harapan. Kegiatan tersebut menarik antusias anak selama pembelajaran terlihat dari anak-anak yang ceria dan mengikutinya, sehingga menjadi faktor pendukung kegiatan tersebut. Ketersediaan alat di sekolah dan dukungan dari wali murid juga menjadi faktor pendukung kegiatan menggunting dan menempel dengan kerta bergambar. Namun terdapat juga hambatan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut di sekolah yaitu kemampuan anak yang berbeda satu dan lainnya, serta penolakan anak dalam kegiatan menempel.
Tidak tersedia versi lain