Text
IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMP ARUNIKA KOTA TAHUN AJARAN 2024/2025
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Implementasi proyek P5 mata pelajaran PAI BP pada anak berkebutuhan khusus di SMP Arunika Kota Salatiga tahun ajaran 2024/2025, (2) Faktor pendukung implementasi proyek P5 mata pelajaran PAI BP pada anak berkebutuhan khusus di SMP Arunika Kota Salatiga tahun ajaran 2024/2025, (3) Faktor penghambat implementasi proyek P5 mata pelajaran PAI BP pada anak berkebutuhan khusus di SMP Arunika Kota Salatiga tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data didapatkan dari sumber data primer yaitu kepala sekolah, waka kurikulum, guru PAI, siswa berkebutuhan khusus, dan orang tua siswa, serta data sekunder. Prosedur pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Integrasi kurikulum merdeka dan kurikulum sekolah, adanya proyek individu siswa, penyesuaian target belajar, pelaksanaan P5 dalam pembelajaran, praktik langsung, program kelana, live in, dan on site learning, serta menghadirkan guru tamu. Faktor pendukung berupa kebebasan guru untuk mengembangkan pembelajaran, workshop bagi guru, briefing harian, program unggulan sekolah (kelana, live in, on site learning), kelas muda mudi, adanya pengawasan dari yayasan, serta komunikasi aktif antara sekolah dan orang tua. Adapun faktor penghambatnya adalah naik turunnya motivasi siswa, keberagaman kondisi dan latar belakang, banyaknya kegiatan proyek, keterbatasan jumlah guru, serta tekanan akademis bagi siswa.
Tidak tersedia versi lain