Text
PENGARUH PROGRAM ADIWIYATA TERHADAP PENINGKATAN ENVIRONMENTAL AWARENESS SISWA DI SDIT NURUL ISLAM TENGARAN TAHUN AJARAN 2024/2025
pendidikan lingkungan Rendahnya kesadaran siswa terhadap pentingnya menjaga kelestarian lingkungan menjadi hambatan dalam menciptakan budaya sekolah yang peduli dan berwawasan lingkungan. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh Program Adiwiyata terhadap peningkatan Environmental Awareness siswa di SDIT Nurul Islam Tengaran pada tahun ajaran 2024/2025. Program Adiwiyata sebagai upaya pembentukan karakter cinta lingkungan diyakini mampu menanamkan nilai-nilai kepedulian ekologis di kalangan peserta didik sejak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan melibatkan 85 siswa kelas III sampai V yang dipilih secara acak. Data dikumpulkan melalui angket berskala Likert yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana untuk mengetahui sejauh mana pengaruh variabel Program Adiwiyata terhadap Environmental Awareness. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pelaksanaan Program Adiwiyata dan tingkat kesadaran lingkungan siswa, dibuktikan dengan nilai signifikansi uji t sebesar 0,000 (< 0,05). Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,431 menunjukkan bahwa 43,1% variasi dalam Environmental Awareness siswa dapat dijelaskan oleh Program Adiwiyata, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar model. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Program Adiwiyata berperan penting dalam meningkatkan Environmental Awareness siswa dan direkomendasikan agar program ini diintegrasikan secara berkelanjutan dalam seluruh aktivitas sekolah.
Tidak tersedia versi lain