Text
PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI GERAK DAN GAYA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE PADA SISWA KELAS VII MTs AL-FALAH KARANGLANGU KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2024/2025
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada materi Gerak dan Gaya melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Crossword Puzzle. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan pada 25 siswa kelas VII MTs Al- Falah Karanglangu Kabupaten Grobogan, dengan pengumpulan data melalui tes hasil belajar, observasi, dan angket. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif untuk mengukur tingkat peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa. Pada Siklus I, sebanyak 13 siswa atau 52% telah mencapai ketuntasan, dengan rata-rata nilai kelas sebesar 56,32. Pada Siklus II, jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 22 orang atau 88%, sementara rata-rata nilai kelas mengalami kenaikan sebesar 21,92 poin, mencapai 78,24. Secara keseluruhan, terjadi peningkatan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 9 orang atau 36% dari Siklus I ke Siklus II. Berdasarkan analisis data, tingkat ketuntasan ini telah memenuhi indikator keberhasilan yang ditetapkan, yaitu minimal 85% dari seluruh siswa dalam satu kelas memperoleh nilai ≥ 71.
Tidak tersedia versi lain