UPT Perpustakaan UIN Salatiga

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI GERAK DAN GAYA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE PADA SISWA KELAS VII MTs AL-FALAH KARANGLANGU KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Desi Aji Pangestu - Nama Orang; budiyono saputro - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada materi Gerak dan Gaya melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Crossword Puzzle. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan pada 25 siswa kelas VII MTs Al- Falah Karanglangu Kabupaten Grobogan, dengan pengumpulan data melalui tes hasil belajar, observasi, dan angket. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif untuk mengukur tingkat peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa. Pada Siklus I, sebanyak 13 siswa atau 52% telah mencapai ketuntasan, dengan rata-rata nilai kelas sebesar 56,32. Pada Siklus II, jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 22 orang atau 88%, sementara rata-rata nilai kelas mengalami kenaikan sebesar 21,92 poin, mencapai 78,24. Secara keseluruhan, terjadi peningkatan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 9 orang atau 36% dari Siklus I ke Siklus II. Berdasarkan analisis data, tingkat ketuntasan ini telah memenuhi indikator keberhasilan yang ditetapkan, yaitu minimal 85% dari seluruh siswa dalam satu kelas memperoleh nilai ≥ 71.


Ketersediaan
#
UPT Perpustakaan UIN Salatiga SK 2025 PAN p
25SK445
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
SK 2025 PAN p
Penerbit
Salatiga : UIN Salatiga., 2025
Deskripsi Fisik
30 cm, 158 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2025
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
ILMU PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Penulis,Desi Aji Pangestu;Pembimbing,budiyono saputro
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UIN Salatiga
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?