Text
STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS ASESMEN DAN EVALUASI BELAJAR FIKIH DI MAN 2 KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan kualitas asesmen dan evaluasi belajar fikih, (2) Untuk mengetahui faktor penghambat guru dalam meningkatkan kualitas asesmen dan evaluasi belajar fikih, (3) Untuk mengetahui faktor pendukung guru dalam meningkatkan kualitas asesmen dan evaluasi belajar fikih di MAN 2 Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini yaitu guru fikih dan siswa-siswi di MAN 2 Kabupaten Semarang. Dalam analisis data peneliti menggunakan empat tahapan, yakni: pengumpulan data, reduksi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dalam pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Meningkatkan asesmen dan evaluasi belajar fikih melalui menyusun asesmen yang mengintegrasikan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik, dimulai dengan mempersiapkan konten atau materi yang akan diajarkan kepada peserta didik kemudian mengidentifikasi proses atau kegiatan pembelajaran yaitu melihat bagaimana cara peserta didik mengolah dan memahami informasi yang didapat lalu guru mengevaluasi hasil akhir atau bukti pemahaman peserta didik dari proses kegiatan pembelajaran dengan berbagai macam cara dan yang terakhir menciptakan lingkungan yang baik untuk peserta didik. (2) Faktor penghambat meningkatkan aeasmen dan evaluasi belajar fikih yakni kebijakan kurikulum berubah-ubah, beban administratif dan kewajiban non-pembelajaran, jumlah peserta didik yang banyak dalam satu kelas, rendahnya kesadaran peserta didik dalam penilaian non-kognitif, kurangnya pelatihan dan pendampingan profesional. (3) Faktor pendukung meningkatkan asesmen dan evaluasi belajar fikih yaitu guru yang kompeten dan profesional, sarana dan prasarana yang mendukung, dukungan manajemen madrasah yang baik, keterlibatan peserta didik secara aktif serta adanya kolaborasi antar guru.
Tidak tersedia versi lain