UPT Perpustakaan UIN Salatiga

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS ASESMEN DAN EVALUASI BELAJAR FIKIH DI MAN 2 KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023

AKHSANI NADIA - Nama Orang; Syaefudin Achmad - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan kualitas asesmen dan evaluasi belajar fikih, (2) Untuk mengetahui faktor penghambat guru dalam meningkatkan kualitas asesmen dan evaluasi belajar fikih, (3) Untuk mengetahui faktor pendukung guru dalam meningkatkan kualitas asesmen dan evaluasi belajar fikih di MAN 2 Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini yaitu guru fikih dan siswa-siswi di MAN 2 Kabupaten Semarang. Dalam analisis data peneliti menggunakan empat tahapan, yakni: pengumpulan data, reduksi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dalam pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Meningkatkan asesmen dan evaluasi belajar fikih melalui menyusun asesmen yang mengintegrasikan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik, dimulai dengan mempersiapkan konten atau materi yang akan diajarkan kepada peserta didik kemudian mengidentifikasi proses atau kegiatan pembelajaran yaitu melihat bagaimana cara peserta didik mengolah dan memahami informasi yang didapat lalu guru mengevaluasi hasil akhir atau bukti pemahaman peserta didik dari proses kegiatan pembelajaran dengan berbagai macam cara dan yang terakhir menciptakan lingkungan yang baik untuk peserta didik. (2) Faktor penghambat meningkatkan aeasmen dan evaluasi belajar fikih yakni kebijakan kurikulum berubah-ubah, beban administratif dan kewajiban non-pembelajaran, jumlah peserta didik yang banyak dalam satu kelas, rendahnya kesadaran peserta didik dalam penilaian non-kognitif, kurangnya pelatihan dan pendampingan profesional. (3) Faktor pendukung meningkatkan asesmen dan evaluasi belajar fikih yaitu guru yang kompeten dan profesional, sarana dan prasarana yang mendukung, dukungan manajemen madrasah yang baik, keterlibatan peserta didik secara aktif serta adanya kolaborasi antar guru.


Ketersediaan
#
UPT Perpustakaan UIN Salatiga SK 2025 NAD s
25SK444
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
SK 2025 NAD s
Penerbit
Salatiga : UIN Salatiga., 2025
Deskripsi Fisik
30 cm, 143 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2025
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Pendidikan dan pemikiran Islam
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Penulis,AKHSANI NADIA;Pembimbing,Syaefudin Achmad
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UIN Salatiga
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?