Text
STRATEGI PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI DIGITAL ARTIFICIAL INTELLIGENCE PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MAN 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi digital Artificial Intelligence (AI) dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran Fikih di MAN 1 Surakarta pada tahun ajaran 2024/2025. Kemajuan teknologi, khususnya AI, memberikan peluang baru dalam dunia pendidikan, termasuk dalam pengajaran mata pelajaran keagamaan seperti Fikih. Studi ini berfokus pada bagaimana teknologi AI diterapkan dalam pembelajaran Fikih, efektivitas penggunaannya, serta kendala yang dihadapi oleh pendidik dan siswa dalam proses implementasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru dan siswa, serta analisis dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran berbasis AI dalam mata pelajaran Fikih mampu meningkatkan interaktivitas pembelajaran, mempermudah pemahaman konsep, serta memberikan pengalaman belajar yang lebih personal dan adaptif bagi siswa. Namun, tantangan seperti keterbatasan infrastruktur, kesiapan tenaga pendidik, serta adaptasi siswa terhadap teknologi juga menjadi faktor yang perlu diperhatikan dalam implementasi strategi ini. Kesimpulannya, strategi pemanfaatan media pembelajaran berbasis AI dalam mata pelajaran Fikih di MAN 1 Surakarta memiliki potensi besar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan upaya lebih lanjut dalam peningkatan kompetensi guru dalam penggunaan teknologi AI serta penyediaan sarana yang memadai agar implementasi strategi ini dapat berjalan secara optimal
Tidak tersedia versi lain