Text
Eksplorasi Etnomatematika dalam Motif Batik Shibori pada Pembelajaran Matematika
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan eksplorasi etnomatematika dalam seni dan budaya batik shibori pada pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi yang bertujuan untuk mengkaji etnomatematika pada motif batik shibori. Untuk mendapatkan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan kebsahan data mengggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun subjek dari penelitian ini ialah guru dan siswa MTs PSA Manbaus Sa’diyah. Serta objek penelitiannya berupa batik shibori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ; (1) Aktivitas etnomatematika pada produksi batik shibori . Pertama aktivitas menghitung kebutuhan kain, kebutuhan pewarna dan waterglass. Aktivitas mengukur kain perpotong, ukuran lipatan, dan jarak ikatan. Aktivitas mendesain teknik yang akan digunakan dan pewarnaan pada kain. Aktivitas menjelaskan awal mula pemilihan batik shibori langkah pembuatan batik shibori. (2) Aktivitas eksplorasi matematis yang ditemukan pada proses batik shibori, memiliki keterkaitan matematis yaitu menghitung, membilang, materi perbandingan. Dalam motif batik shibori penemuan konsep matematika seperti, konsep bangun datar, konsep simetri putar dan lipat, konsep transformasi geometri, konsep himpunan, konsep kesebangunan dan kekongruenan.
Tidak tersedia versi lain