UPT Perpustakaan UIN Salatiga

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PENGEMBANGAN ISTEMATIS (ISLAMIC-STEM APPROACH WORKSHEET IN SCIENCE) PADA POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNG BAGI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP ISLAM SUDIRMAN TINGKIR SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025

Kholqi Fitri Nabilah - Nama Orang; arif billah - Nama Orang;

Penelitian ini berfokus pada 1) Analisis kebutuhan; 2) Kelayakan; 3) Kepraktisan; dan 4) Karakteristik produk pengembangan media pembelajaran Istematis pada pokok bahasan pencemaran lingkungan bagi peserta didik kelas VII SMP Islam Sudirman tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (RnD) dengan model Sugiyono yang dibatasi hanya sampai tahap revisi produk sehingga tahap yang dilakukan pada penelitian ini meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk dan revisi produk. Potensi dan masalah dilakukan bersamaan dengan pengumpulan data yang menghasilkan dasar pengembangan media pembelajaran Istematis (Islamic-STEM Approach Worksheet in Science). Pembuatan media pembelajaran Istematis dilakukan dengan aplikasi Canva dengan beberapa aplikasi pendukung lainnya seperti Google Drive, YouTube, Medium, LiveWorksheet, Google Form. Hasil penelitian berupa kebutuhan media pembelajaran yang berpotensi memberdayakan keterampilan berpikir evaluatif peserta didik. Media pembelajaran Istematis dinyatakan sangat layak dengan rata-rata persentase penilaian ahli materi sebesar 93,98%, ahli media sebesar 86,97% dan ahli praktisi sebesar 90,62%. Berdasarkan hasil uji coba oleh peserta didik, media pembelajaran Istematis mendapatkan persentase penilaian uji coba perorangan sebesar 87,12%, uji coba kelompok kecil sebesar 89,96% dan uji coba lapangan sebesar 90,60%. Kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan, media pembelajaran Istematis mendapatkan kategori sangat layak dan sangat praktis serta berpotensi untuk dilanjutkan ke tahap uji efektivitas untuk mengetahui keefektifannya dalam memberdayakan keterampilan berpikir evaluatif


Ketersediaan
#
UPT Perpustakaan UIN Salatiga SK 2025 NAB p
25SK418
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
SK 2025 NAB p
Penerbit
Salatiga : UIN Salatiga., 2025
Deskripsi Fisik
30 cm, 277 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2025
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
ILMU PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Penulis,Kholqi Fitri Nabilah;Pembimbing,arif billah
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UIN Salatiga
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?