Text
ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERDASARKAN TAHAPAN KASTOLAN MATERI LINGKARAN KELAS VIII C SMP ALMAS’UDIYYAH BLATER BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023
Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui bentuk kesalahan siswa berdasarkan jenis kesalahan Kastolan dalam menyelesaikan soal lingkaran di SMP Almas’udiyyah Blater. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang dilakukan di SMP Almas’udiyyah Blater. Data penelitian ini diambil dari hasil tes yang dikerjakan siswa secara langsung dan juga dilakukan wawancara untuk memperkuat proses analisisnya. Dalam Kastolan terdapat 3 jenis kesalahan yang dilakukan siswa anatara lain yaitu kesalahan konseptual, kesalahan Prosedural, dan kesalahan Teknikal. Bentuk kesalahan siswa pada jenis konseptual diantaranya adalah kesalahan dalam menggunakan rumus yang sesuai dengan soal yang akan digunakan. Sedangkan kesalahan siswa pada jenis procedural ialah siswa tidak mengubah yang semula diameter menjadi jari-jari. Bentuk kesalahan yang terkahir adalah kesalahan teknikal adalah kesalahan dalam menghitung hasil akhir pada pembagian. Peneliti mengambil data sampel dari 28 siswa kelas VIII C sebanyak 7 siswa. Siswa tersebut terdiri dari 25% termasuk kategori tinggi, 50% kategori sedang dan 25% kategori rendah. Kategori tersebut diambil berdasarkan hasil nilai PAS II. Kata Kunci: Analisis, Jenis Kesalahan menurut Tahapan Kastolan, Lingkaran
Tidak tersedia versi lain