Text
Implementasi Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPIT Darul Fikri Bawen Tahun Ajaran 2024/2025
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1. Perencanaan kurikulum jaringan sekolah Islam terpadu; 2. Pelaksanaan kurikulum jaringan sekolah Islam terpadu; 3. Evaluasi kurikulum jaringan sekolah Islam terpadu dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPIT Darul Fikri Bawen. Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan dengan metode kualitatif deskriptif. Prosdur pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data primer berupa hasil wawancara dari kepala sekolah, waka kurikulum, guru PAI, dan peserta didik. Data sekunder dalam penelitian ini yaitu KSP sekolah, kaldik, prota, promes, modul ajar, kriteria evaluasi guru, laporan hasil belajar, dan lisensi JSIT sekolah. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, sedangan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian bahwa implementasi kurikulum JSIT dalam pembelajaran PAI di SMPIT Darul Fikri Bawen; 1. Perencanaan dilakukan dengan analisis kebutuhan dan identifikasi tujuan, perumusan tujuan dan menentukan kebijakan, membuat rancangan, menyusun penjadwalan, dan pembiayaan; 2. Pelaksanaan dilakukan dengan menyusun rancangan pembelajaran, mengelola kelas dan peserta didik, proses pembelajaran TERPADU, prinsip pembelajaran SIT, dan pengelolaan guru; 3. Evaluasi meliputi evalusi mekanisme SIT, evaluasi hasil belajar peserta didik, dan evalusi proses guru dalam mengajar.
Tidak tersedia versi lain