Text
PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI APLIKASI WORDWALL PADA SISWA KELAS II MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL ISLAMIYAH REGUNUNG KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2024/2025
Penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Miftahu Islamiyah Regunung Kabupaten Semarang dan akan membahas tentang peningkatan keaktifan belajar peserta didik khususnya pada mata pelajaran PKn di kelas II Madrasah Ibtidaiyah dengan menggunakan aplikasi Wordwall. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara. Penelitian ini dilakukan dengan menggunkaan dua siklus dengan tiga kali pertemuan. Hasil penelitian yang diperoleh ialah dimana rata- rata hasil persentase aktivitas peserta didik yaitu sebesar 93%. Begitu pula nilai aktivitas peserta didik yang selalu meningkat di setiap siklusnya. Dari hasil persentase yang meningkat dan melebihi persentase yang diharapkan yaitu 80%, maka dapat diketahui bahwa peserta didik sangat senang, dan sangat antusias untuk mengikuti pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Wordwall sebagai bahan evaluasi di kelas. Dengan begitu, penggunakan aplikasi Wordwall sebagai bahan evaluasi, menjadikan keaktifan belajar peserta didik yang sangat meningkat.
Tidak tersedia versi lain