Text
Implementasi Media Pop- Up Book Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV MI Ma'arif Kumpulrejo 02 Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) implementasi media pop-up book dalam pembelajaran bahasa indonesia, (2) apa saja kendala yang dihadapi selama implementasi media pop-up book dalam pembelajaran bahasa indonesia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder. Sumber primer yang diperoleh peneliti adalah hasil wawancara dengan kepala madrasah, wali kelas IV, siswa kelas IV MI Ma’arif Kumpulrejo 02 dan wali murid siswa. Sumber sekunder yang diperoleh peneliti berupa data tertulis profil MI Ma’arif Kumpulrejo 02 dan dokumentasi-dokumentasi yang berkaitan. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) implementasi media pop-up book dalam pembelajaran bahasa indonesia dilakukan melalui tiga tahapan yaitu, tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran: (2) kendala yang dihadapi dalam pembelajaran meliputi 3 aspek, yaitu kendala dalam menyiapkan media pop-up book, seperti keterbatasan bahan dan biaya, serta sarana dan prasarana yang kurang memadai. Kedua, kendala dalam proses pembuatan media, seperti keterbatasan waktu, kesulitan teknis, dan tantangan kerja kelompok. Ketiga, kendala setelah media selesai dibuat, yaitu daya tahan media yang rendah.
Tidak tersedia versi lain