Text
PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TIME TOKEN BERBANTU PICTURE PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) JAMBON KECAMATAN GEMAWANG KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2024/2025
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model cooperative learning tipe time token berbantu picture puzzle terhadap hasil belajar pendidikan Pancasila pada peserta didik kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Jambon Kecamatan Gemawang Kabupaten Temanggung Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif desain quasi eksperimental dengan metode one group pretest posttest. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas IV Madrasah Ibtidaiyah (MI) Jambon tahun ajaran 2024/2025. Metode Pengumpulan data yang dipilih ialah metode tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest siswa sebesar 67.06 dan rata-rata hasil posttest sebesar 84.71. Pengujian dilakukan dengan uji Uji Paired Sample t Test hasilnya menunjukkan bahwa taraf signifikasi kurang dari 0,05 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa model Cooperative Learning Tipe Time Token Berbantu Picture Puzzle berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Jambon Kecamatan Gemawang Kabupaten Temanggung tahun ajaran 2024/2025. Maka dapat diartikan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe time token mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik sehingga hipotesis pada penelitian ini terpenuhi. Kata Kunci: Cooperative Learning Tipe Time Token, Hasil Belajar
Tidak tersedia versi lain