UPT Perpustakaan UIN Salatiga

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TIME TOKEN BERBANTU PICTURE PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) JAMBON KECAMATAN GEMAWANG KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2024/2025

Tri Rahayu - Nama Orang; RASIMIN - Nama Orang;

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model cooperative learning tipe time token berbantu picture puzzle terhadap hasil belajar pendidikan Pancasila pada peserta didik kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Jambon Kecamatan Gemawang Kabupaten Temanggung Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif desain quasi eksperimental dengan metode one group pretest posttest. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas IV Madrasah Ibtidaiyah (MI) Jambon tahun ajaran 2024/2025. Metode Pengumpulan data yang dipilih ialah metode tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest siswa sebesar 67.06 dan rata-rata hasil posttest sebesar 84.71. Pengujian dilakukan dengan uji Uji Paired Sample t Test hasilnya menunjukkan bahwa taraf signifikasi kurang dari 0,05 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa model Cooperative Learning Tipe Time Token Berbantu Picture Puzzle berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Jambon Kecamatan Gemawang Kabupaten Temanggung tahun ajaran 2024/2025. Maka dapat diartikan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe time token mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik sehingga hipotesis pada penelitian ini terpenuhi. Kata Kunci: Cooperative Learning Tipe Time Token, Hasil Belajar


Ketersediaan
#
UPT Perpustakaan UIN Salatiga SK 2025 RAH p
25SK391
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
SK 2025 RAH p
Penerbit
Salatiga : UIN Salatiga., 2025
Deskripsi Fisik
30 cm, 139 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2025
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
ILMU PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Penulis,Tri Rahayu;Pembimbing,RASIMIN
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UIN Salatiga
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?