Text
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI SMP RUQ AL FALAH SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2024/2025
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas VIII dengan penerapan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media Mind Mapping Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di SMP RUQ Al Falah Salatiga Tahun Pelajaran 2024/2025, (2) mengetahui efektivitas penerapan model Project Based Learning berbantuan media Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa kelas VIII materi Sistem Pencernaan Manusia di SMP RUQ Al Falah Salatiga tahun Pelajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan metode True Experimen Design dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP RUQ Al Falah Salatiga. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal pilihan ganda pretest-posttest yang telah diuji keabsahannya melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya pembeda beserta angket respon siswa yang telah di uji keabsahannya melalui validasi ahli. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Independent Sample T-Test yang dihitung dengan menggunakan bantuan software SPSS 25. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa (1) hasil belajar siswa pada kelas eksperimrn diperoleh nilai rata-rata posttest yaitu 84,00 dan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 70,20. Berdasarkan data tersebut maka nilai rata-rata kelas eksperimen > kelas kontrol (84,00 >70,20). Hasil ini dibuktikan dengan uji Indepent Sample T-Test nilai thitung 4,507>2,036 ttabel dengan nilai signifikasi 0,00
Tidak tersedia versi lain