UPT Perpustakaan UIN Salatiga

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantu Multimedia Power Point terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025

Muhammad Mahfud Sidiq - Nama Orang; Saiful Marom - Nama Orang;

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar keberhasilan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantu multimedia powerpoint dalam mempengaruhi hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 7 Salatiga tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif tipe quasi eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control group design. Seluruh partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 7 Salatiga. Dengan menggunakan teknik cluster random sampling dan probability sampling, kelas VII G terpilih sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 32 orang dan kelas VII F sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 32 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi tes, dokumentasi, dan observasi. Uji validitas, uji reliabilitas, uji daya pembeda, dan uji tingkat kesukaran digunakan untuk menilai validitas soal tes terhadap hasil belajar siswa. Pendekatan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan bantuan IBM SPSS Statistics 23, yang meliputi uji normalitas dan homogenitas. Uji efektivitas kemudian dilakukan dengan menggunakan uji Paired Sample T-Test, Independent Sample T-Test, dan N-Gain Score. Dari proses penelitian ini, hasil menggunakan uji Paired Sample T-Test menunjukkan nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen sebesar 89,14 dan nilai rata rata pretest sebesar 41,42 yang berarti bahwa nilai rata-rata hasil belajar matematika pada kelas eksperimen setelah perlakuan lebih tinggi dibandingkan sebelum diberi perlakuan. Hal tersebut juga dibuktikan dalam uji Independent Sample T-Test dengan nilai signifikasi 0,011


Ketersediaan
#
UPT Perpustakaan UIN Salatiga SK 2025 SID e
25SK384
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
SK 2025 SID e
Penerbit
Salatiga : UIN Salatiga., 2025
Deskripsi Fisik
30 cm, 231 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2025
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
ILMU PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Penulis,Muhammad Mahfud Sidiq;Pembimbing,Saiful Marom
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UIN Salatiga
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?