Text
Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantu Multimedia Power Point terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar keberhasilan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantu multimedia powerpoint dalam mempengaruhi hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 7 Salatiga tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif tipe quasi eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control group design. Seluruh partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 7 Salatiga. Dengan menggunakan teknik cluster random sampling dan probability sampling, kelas VII G terpilih sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 32 orang dan kelas VII F sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 32 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi tes, dokumentasi, dan observasi. Uji validitas, uji reliabilitas, uji daya pembeda, dan uji tingkat kesukaran digunakan untuk menilai validitas soal tes terhadap hasil belajar siswa. Pendekatan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan bantuan IBM SPSS Statistics 23, yang meliputi uji normalitas dan homogenitas. Uji efektivitas kemudian dilakukan dengan menggunakan uji Paired Sample T-Test, Independent Sample T-Test, dan N-Gain Score. Dari proses penelitian ini, hasil menggunakan uji Paired Sample T-Test menunjukkan nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen sebesar 89,14 dan nilai rata rata pretest sebesar 41,42 yang berarti bahwa nilai rata-rata hasil belajar matematika pada kelas eksperimen setelah perlakuan lebih tinggi dibandingkan sebelum diberi perlakuan. Hal tersebut juga dibuktikan dalam uji Independent Sample T-Test dengan nilai signifikasi 0,011
Tidak tersedia versi lain