UPT Perpustakaan UIN Salatiga

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Pengaruh Self-Control dan Muhasabah Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Tengaran Kabupaten Semarang

ALISA CHUSUMA DEWI - Nama Orang; Wahidin - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengkaji pengaruh self-control terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas IX SMP Negeri 2 Tengaran, Kabupaten Semarang; 2) mengkaji pengaruh muhasabah terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas IX SMP Negeri 2 Tengaran, Kabupaten Semarang; serta untuk 3) menganalisis seberapa besar pengaruh self-control dan muhasabah terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas IX SMP Negeri 2 Tengaran, Kabupaten Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Sampel pada penelitian ini sebanyak 82 siswa dari 327 populasi. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan probability sampling dengan teknik sample random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan skala psikologis yang meliputi variabel self-control menggunakan teori Averill dengan 3 aspek dan 6 indikator, variabel muhasabah menggunakan teori Abu Hamid Al-Ghazali dan Musfichin dengan 3 aspek dan 4 indikator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) adanya pengaruh yang signifikan self-control terhadap kedisiplinan belajar, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Kemudian melihat hasil perbandingan antara t hitung dengan t tabel, yaitu dengan hasil t hitung > t tabel 5,796 > 1,990; 2) adanya pengaruh yang signifikan muhasabah terhadap kedisiplinan belajar, dengan memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Kemudian melihat hasil perbandingan antara t hitung dengan t tabel, yaitu dengan hasil t hitung > t tabel 3,882 > 1,990; dan 3) Self-control dan muhasabah memiliki pengaruh terhadap kedisiplinan belajar, dengan memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Kemudian melihat hasil perbandingan antara f hitung dengan f tabel, yaitu f hitung > f tabel dengan hasil 70,612 > 3,11. Adapun hasil persamaan regresi linier berganda dari Y= a + b1X1 + b2X2 adalah Y= 1,515 + 0,762 . X1 + 0,711 . X2.


Ketersediaan
#
UPT Perpustakaan UIN Salatiga SK 2025 DEW p
25SK369
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
SK 2025 DEW p
Penerbit
Salatiga : UIN Salatiga., 2025
Deskripsi Fisik
30 cm, 182 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2025
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
ILMU PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Penulis,ALISA CHUSUMA DEWI;Pembimbing,Wahidin
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UIN Salatiga
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?