Text
Implementasi Program Pembentukan Karakter Religius dan Toleransi Pada Madrasah Ibtidaiyah Al Manshur Suruh Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2024/2025
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui implementasi program pembentukan karakter religius di Madrasah Ibtidaiyah Al Manshur Suruh. dan mengetahui faktor-faktor yang menjadi hambatan serta solusi untuk hambatan implementasi pembentukan karakter religius tersebut. 2) Mengetahui implementasi program pembentukan karakter toleransi di Madrasah Ibtidaiyah Al Manshur Suruh dan mengetahui faktor-faktor yang menjadi hambatan serta solusi untuk hambatan implementasi pembentukan karakter toleransi tersebut. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis analisis deskriptif. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sampel data yang diambil menggunakan teknik purposive sampling pada informan yakni waka kurikulum, guru kelas 1 sampai dengan 3, dan juga peserta didik kelas 1 sampai dengan kelas 3. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi pembentukan karakter religius di Madrasah Ibtidaiyah Al Manshur Suruh berupa: a) Kegiatan pembiasaan pembacaan doa-doa harian. b) kegiatan pembiasaan sholat dhuhur dan sholat dhuha berjamaah. c) kegiatan perayaan hari besar Islam. 2) Implementasi pembentukan karakter toleransi di Madrasah Ibtidaiyah Al Manshur Suruh berupa: a) Peserta didik menghargai dan menghormati guru maupun sesama peserta didik ketika kegiatan didalam maupun diluar kelas berlangsung. b) Peserta didik bermain dan belajar tanpa memandang perbedaan dalam setiap suasana. c) peserta didik saling mengingatkan dan menasehati antar teman untuk tidak melakukan perundungan.
Tidak tersedia versi lain