UPT Perpustakaan UIN Salatiga

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN MEDIA DADU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PEUANG PADA SISWA KELAS X SMAS MUHAMMADIYAH PLUS SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2024/2025

AGIL YUNIKA SARI - Nama Orang; Saiful Marom - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan media dadu terhadap hasil belajar matematika materi peluang pada siswa kelas X SMAS Muhammadiyah Plus Salatiga Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bersifat quasi eksperimental dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMAS Muhammadiyah Plus Salatiga Tahun Pelajaran 2024/2025 dengan sampel peserta didik kelas X.E1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.E2 sebagai kelas kontrol sebanyak 55 peserta didik. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah total sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas dan homogenitas yang kemudian dilakukan uji hipotesis menggunakan uji independent sample test. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan dan berdasarkan pembahasan penelitian, dapat disimpulkan bahwasanya model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan media dadu efektif terhadap hasi belajar peserta didik kelas X SMAS Muhammadiyah Plus Salatiga Tahun Pelajaran 2024/2025. Pernyataan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yang sudah dihitung, uji yang digunakan Independent Sample T-Test menghasilkan t_hitung=2,316 dan t_tabel=2,006 , karena t_hitung>t_tabel maka H_(0 ) ditolak dan H_1 diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model PjBL dan siswa yang menggunakan model PBL. Selain itu, rata-rata hasil posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 82,26 > 75,28. Sehingga model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan media dadu efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMAS Muhammadiyah Plus Salatiga.


Ketersediaan
#
UPT Perpustakaan UIN Salatiga SK 2025 SAR e
25SK365
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
SK 2025 SAR e
Penerbit
Salatiga : UIN Salatiga., 2025
Deskripsi Fisik
30 cm, 155 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2025
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
ILMU PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Penulis,AGIL YUNIKA SARI;Pembimbing,Saiful Marom
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UIN Salatiga
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?