UPT Perpustakaan UIN Salatiga

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

EFEKTIVITAS APLIKASI DUNIA GEOMETRI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP N 1 PABELAN

Nabila Nur Tasnima - Nama Orang; Enika Wulandari - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas aplikasi Dunia Geometri melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada materi bangun ruang sisi datar terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMP N 1 Pabelan tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan quasi-experimental dan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP N 1 Pabelan tahun pelajaran 2024/2025, dengan sampel sebanyak 70 peserta didik yang dipilih menggunakan teknik clustered random sampling. Sampel terdiri dari kelas VII B sebagai kelas eksperimen yang menggunakan aplikasi Dunia Geometri dan kelas VII D sebagai kelas kontrol yang menggunakan alat peraga 3D. Data dikumpulkan melalui metode tes dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji Independent Sample T-test. Analisis awal menggunakan data pretest menunjukkan bahwa kedua kelas memiliki distribusi normal, dengan kelas eksperimen memiliki nilai signifikansi 0,200 > 0,05 dan kelas kontrol 0,061 > 0,05. Selain itu, varian kedua kelas bersifat homogen dengan nilai signifikansi 0,699 > 0,05. Hasil pretest menunjukkan tidak ada perbedaan rata-rata yang signifikan antara kedua kelas, dengan nilai signifikansi 0,237 > 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa kondisi awal kedua kelas setara. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan aplikasi Dunia Geometri dengan model Jigsaw, sedangkan kelas kontrol menggunakan alat peraga 3D dengan Discovery Learning. Analisis akhir menggunakan data posttest menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol dengan distribusi nilai tetap normal, dengan kelas eksperimen memiliki nilai signifikansi 0,160 > 0,05 dan kelas kontrol 0,200 > 0,05. Varian kedua kelas juga tetap homogen dengan nilai signifikansi 0,573 > 0,05. Uji independen sample t-test menunjukkan adanya perbedaan rata-rata hasil belajar yang signifikan, dengan nilai signifikansi 0,005 < 0,05. Dengan demikian, penggunaan aplikasi Dunia Geometri dengan model kooperatif tipe Jigsaw terbukti efektif terdahap peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar.


Ketersediaan
#
UPT Perpustakaan UIN Salatiga SK 2025 TAS e
25SK364
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
SK 2025 TAS e
Penerbit
Salatiga : UIN Salatiga., 2025
Deskripsi Fisik
30 cm, 198 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2025
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
ILMU PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Penulis,Nabila Nur Tasnima;Pembimbing,Enika Wulandari
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UIN Salatiga
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?