Text
EFEKTIVITAS APLIKASI DUNIA GEOMETRI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP N 1 PABELAN
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas aplikasi Dunia Geometri melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada materi bangun ruang sisi datar terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMP N 1 Pabelan tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan quasi-experimental dan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP N 1 Pabelan tahun pelajaran 2024/2025, dengan sampel sebanyak 70 peserta didik yang dipilih menggunakan teknik clustered random sampling. Sampel terdiri dari kelas VII B sebagai kelas eksperimen yang menggunakan aplikasi Dunia Geometri dan kelas VII D sebagai kelas kontrol yang menggunakan alat peraga 3D. Data dikumpulkan melalui metode tes dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji Independent Sample T-test. Analisis awal menggunakan data pretest menunjukkan bahwa kedua kelas memiliki distribusi normal, dengan kelas eksperimen memiliki nilai signifikansi 0,200 > 0,05 dan kelas kontrol 0,061 > 0,05. Selain itu, varian kedua kelas bersifat homogen dengan nilai signifikansi 0,699 > 0,05. Hasil pretest menunjukkan tidak ada perbedaan rata-rata yang signifikan antara kedua kelas, dengan nilai signifikansi 0,237 > 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa kondisi awal kedua kelas setara. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan aplikasi Dunia Geometri dengan model Jigsaw, sedangkan kelas kontrol menggunakan alat peraga 3D dengan Discovery Learning. Analisis akhir menggunakan data posttest menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol dengan distribusi nilai tetap normal, dengan kelas eksperimen memiliki nilai signifikansi 0,160 > 0,05 dan kelas kontrol 0,200 > 0,05. Varian kedua kelas juga tetap homogen dengan nilai signifikansi 0,573 > 0,05. Uji independen sample t-test menunjukkan adanya perbedaan rata-rata hasil belajar yang signifikan, dengan nilai signifikansi 0,005 < 0,05. Dengan demikian, penggunaan aplikasi Dunia Geometri dengan model kooperatif tipe Jigsaw terbukti efektif terdahap peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar.
Tidak tersedia versi lain