UPT Perpustakaan UIN Salatiga

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI KALIMAT LANGSUNG DAN KALIMAT TIDAK LANGSUNG DENGAN MODEL TEAM GAMES TURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA MIND MAPPING PADA SISWA KELAS VI MI MA'ARIF KUMPULREJO 02 KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025

Ummu Attiyah - Nama Orang; Imam Mas Arum - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi kalimat langsung dan kalimat tidak langsung dengan model Team Games Turnament (TGT) dengan media Mind Mapping kelas VI MI Ma'arif Kumpulrejo 02 kota Salatiga tahun ajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah kelas VI B yang berjumlah 27 siswa. Terdiri dari 12 laki-laki dan 15 perempuan. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Nilai kelompok dan individu siswa digunakan untuk menyusun data. Observasi dan dokumentasi dilakukan dengan mengamati bagaimana sikap siswa di kelas selama mengikuti pembelajaran di kelas. Data di analisis menggunakan rumus persentase. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas VI MI Ma'arif Kumpulrejo 02 Kota Salatiga dapat memanfaatkan Model Team Games Turnament (TGT) Media Mind Mapping Tahun Ajaran 2024/2025. Peningkatan siswa yang tuntas hasil belajar dari Observasi ke Siklus I terjadi peningkatan sebesar 37,48%, sedangkan Siklus I ke Siklus II sebesar 7,4%. Hal ini dapat dilihat dari perolehan presentase ketuntasan hasil belajar siswa pada Observasi (44%), Siklus I (81,48%) dan Siklus II (88,88%). Guru memberikan tindakan berupa program remedial kepada 11,11% (3 siswa) yangَّ belumَّ tuntasَّ belajar.َّ Siklusَّ berakhirَّ jikaَّ ≥َّ 85%َّ siswaَّ yangَّ sudahَّ mencapaiَّ ketuntasan.


Ketersediaan
#
UPT Perpustakaan UIN Salatiga SK 2025 ATT p
25SK360
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
SK 2025 ATT p
Penerbit
Salatiga : UIN Salatiga., 2025
Deskripsi Fisik
30 cm, 196 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2025
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
ILMU PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Penulis,Ummu Attiyah;Pembimbing,Imam Mas Arum
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UIN Salatiga
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?