Text
IMPLEMENTASI METODE INKUIRI PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL PADA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH AL ITTIHAD SEMOWO KECAMATAN PABELAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2024/2025
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi minat belajar siswa kelas IV MI Al Ittihad Semowo pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) melalui implementasi metode pembelajaran inkuiri di tahun ajaran 2024/2025. Metode inkuiri dipilih karena dianggap mampu meningkatkan partisipasi aktif siswa, melatih kemampuan berpikir kritis, dan memupuk rasa ingin tahu mereka. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penerapan pembelajaran inkuiri secara signifikan berdampak positif terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPAS. Siswa merasa lebih antusias dan percaya diri ketika terlibat dalam proses eksplorasi, eksperimen, dan diskusi. Penelitian ini juga menemukan beberapa faktor yang memengaruhi hasil tersebut, seperti dukungan guru dan ketersediaan fasilitas yang memadai sebagai faktor pendukung, serta rendahnya motivasi siswa dan kurangnya inovasi pengajaran sebagai faktor penghambat. Berdasarkan temuan tersebut, disarankan agar guru terus mengadopsi metode pembelajaran inkuiri secara konsisten dan melakukan evaluasi untuk meningkatkan efektivitasnya. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pengembangan metode pengajaran di MI Al Ittihad Semowo dan menjadi acuan bagi penelitian lanjutan dalam bidang pendidikan
Tidak tersedia versi lain