UPT Perpustakaan UIN Salatiga

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

IMPLEMENTASI METODE INKUIRI PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL PADA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH AL ITTIHAD SEMOWO KECAMATAN PABELAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2024/2025

MUHAMAD ANGGA DARMAWAN - Nama Orang; SUTRISNA - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi minat belajar siswa kelas IV MI Al Ittihad Semowo pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) melalui implementasi metode pembelajaran inkuiri di tahun ajaran 2024/2025. Metode inkuiri dipilih karena dianggap mampu meningkatkan partisipasi aktif siswa, melatih kemampuan berpikir kritis, dan memupuk rasa ingin tahu mereka. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penerapan pembelajaran inkuiri secara signifikan berdampak positif terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPAS. Siswa merasa lebih antusias dan percaya diri ketika terlibat dalam proses eksplorasi, eksperimen, dan diskusi. Penelitian ini juga menemukan beberapa faktor yang memengaruhi hasil tersebut, seperti dukungan guru dan ketersediaan fasilitas yang memadai sebagai faktor pendukung, serta rendahnya motivasi siswa dan kurangnya inovasi pengajaran sebagai faktor penghambat. Berdasarkan temuan tersebut, disarankan agar guru terus mengadopsi metode pembelajaran inkuiri secara konsisten dan melakukan evaluasi untuk meningkatkan efektivitasnya. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pengembangan metode pengajaran di MI Al Ittihad Semowo dan menjadi acuan bagi penelitian lanjutan dalam bidang pendidikan


Ketersediaan
#
UPT Perpustakaan UIN Salatiga SK 2025 DAR i
25SK357
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
SK 2025 DAR i
Penerbit
Salatiga : UIN Salatiga., 2025
Deskripsi Fisik
30 cm, 150 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2025
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
ILMU PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Penulis,MUHAMAD ANGGA DARMAWAN;Pembimbing,SUTRISNA
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UIN Salatiga
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?