UPT Perpustakaan UIN Salatiga

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN IPAS SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA RAUDLATUL MUTAALLIMIN TAHUN AJARAN 2024/2025

RISKA NOVIANA QUKLIAH - Nama Orang; suwardi - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran kolaboratif berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran IPAS siswa kelas V MIS Raudlatul Mutaallimin tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode true experimental design (eksperimen yang betul-betul). Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dengan one group pre-test and post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MIS Raudlatul Mutaallimin tahun ajaran 2024/2025 sebanyak 48 siswa, 24 siswa sebagai kelas kontrol dan 24 siswa sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian ini diperoleh hasil analisis deskriptif yang menunjukan nilai rata-rata posttest pada kelompok eksperimen sebesar 78,7, sedangkan kelompok kontrol mencapai 56,6. Dari hasil uji prasyarat yang telah dilakukan oleh peneliti, diperoleh informasi mengenai hasil normalitas melalui output IBM SPSS Statistics 26 diketahui bahwa nilai signifikansi untuk kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen adalah 0,054 > 0,05 dan pada kelas kontrol adalah 0,399 > 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa data tersebut terdistribusi normal. Selanjutnya, hasil uji homogenitas menunjukkan nilai 0,071 lebih besar dari 0,05 (0,071 > 0,05) sehingga hipotesis nol (H0) diterima, yang berarti data dinyatakan homogen. Dalam uji hipotesis menggunakan independent sampel T-test, diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,001 yang lebih kecil dari 0,05 (0,001 < 0,005). Hasil uji N-Gain menunjukkan nilai sebesar 61,67 atau 61,7 %. yang termasuk dalam kategori cukup efektif. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kolaboratif berbasis masalah terbukti cukup efektif terhadap kemampuan kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran IPAS siswa kelas V di MIS Raudlatul Mutaallimmin.


Ketersediaan
#
UPT Perpustakaan UIN Salatiga SK 2025 QUK p
25SK355
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
SK 2025 QUK p
Penerbit
Salatiga : UIN Salatiga., 2025
Deskripsi Fisik
30 cm, 142 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2025
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
ILMU PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Penulis,RISKA NOVIANA QUKLIAH;Pembimbing,suwardi
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UIN Salatiga
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?