UPT Perpustakaan UIN Salatiga

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) dengan Diorama Ekosistem terhadap Hasil Belajar Materi Pengaruh Manusia terhadap Ekosistem Kelas VII SMP Negeri 1 Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2024/2025

Dyah Karunia putri - Nama Orang; Fenny Widiyanti - Nama Orang;

Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) mengetahui hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran langsung (direct instruction) dengan power point pada materi pengaruh manusia terhadap ekosistem kelas VII di SMP Negeri 1 Tengaran Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2024/2025 (2) mengetahui hasil belajar peserta didik yang menggunakan model problem based learning (PBL) dengan media diorama ekosistem pada materi pengaruh manusia terhadap ekosistem kelas VII di SMP Negeri 1 Tengaran Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2024/2025 (3) mengetahui efektivitas model problem based learning (PBL) dengan media diorama ekosistem terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII materi pengaruh manusia terhadap ekosistem di SMP Negeri 1 Tengaran Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode true exsperimental dan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian berjumlah 297 peserta didik yang terdiri dari 8 kelas yaitu kelas VII A – VII H, sedangkan pengambilan sampel dilakukan dengan metode simple random sampling untuk memilih 2 kelas, yaitu kelas VII G yang menggunakan model direct instruction dengan power point berjumlah 36 peserta didik serta kelas VII H yang menggunakan model problem based learning dengan diorama ekosistem yang berjumlah 38 peserta didik . Teknik pengumpulan data berupa tes dan non tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pretest dan posttest serta angket. Instrumen pretest dan posttest yang digunakan telah melewati uji validitas, reliabilitas, daya pembeda, serta taraf kesukaran. Teknik analisis data pretest dan posttest dalam penelitian ini terdiri uji normalitas, uji homogenitas, serta uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa (1) nilai rata-rata posttest kelas yang menggunakan model direct instruction dengan power point sebesar 74,72, median sebesar 74,72, nilai minimum sebesar 40, nilai maksimum sebesar 100 dan sum sebesar 2690 yang menggunakan model direct instruction dengan media power point (2) nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yang menggunakan model problem based learning dengan diorama ekosistem sebesar 84,21, median sebesar 84,21, nilai minimum sebesar 60, nilai maksimum sebesar 100, dan sum sebesar 3200, yang menggunakan model problem based learning dengan diorama ekosistem (3) Uji hipotesis menggunakan statistik parametrik dengan jenis uji Independent Sample T-Test, didapatkan nilai thitung (2,966) > ttabel (1,993) serta nilai signifikansi (2-tailed) 0,004 < 0,05, sehingga kesimpulannya H0 ditolak sehingga Ha diterima. Hal tersebut membuktikan bahwa model pembelajaran problem based learning dengan media diorama ekosistem efektif terhadap hasil belajar peserta didik materi pengaruh manusia terhadap ekosistem kelas VII SMP Negeri 1 Tengaran tahun pelajaran 2024/2025. Implikasi penelitian ini yaitu dapat memberikan dampak baik terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII materi pengaruh manusia terhadap ekosistem.


Ketersediaan
#
UPT Perpustakaan UIN Salatiga SK 2025 PUT e
25SK354
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
SK 2025 PUT e
Penerbit
Salatiga : UIN Salatiga., 2025
Deskripsi Fisik
30 cm, 233 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2025
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
ILMU PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Penulis,Dyah Karunia putri;Pembimbing,Fenny Widiyanti
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UIN Salatiga
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?