Text
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF MELALUI MEDIA WORDWALL OPEN THE BOX UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI NAMA DAN LAMBANG BILANGAN PADA SISWA KELAS 3 SD NEGERI SOKA KABUPATEN SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2024/2025
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran interaktif melalui media wordwall open the box pada peserta didik kelas 3 SD Negeri Soka. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan/pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 3 di SD Negeri Soka yang terdiri dari 11 laki-laki dan 16 perempuan dengan jumlah keseluruhan peserta didik sebanyak 27 anak. Pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Untuk analisi data peneliti menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran interaktif melalui media wordwall open the box dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil belajar peserta didik yang mengalami peningkatan disetiap siklusnya. Ketuntasan pada prasiklus ke siklus I awalanya 44,44% naik 22,23% menjadi 66,67% dengan nilai rata-rata 70,74. Kemudian dari siklus I ke siklus II dari 66,67% mengalami kenaikan 25,33% menjadi 92% dengan nilai rata-rata 80,00.
Tidak tersedia versi lain