UPT Perpustakaan UIN Salatiga

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

EFEKTIVITAS GAME WORDWALL PADA MATERI IMBUHAN “ME-” MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV MIN SALATIGA TAHUN 2024/2025

Siti Fatihatul Maidah - Nama Orang; MARWANTO - Nama Orang;

Evektifitas; Game Wordwall; Materi Imbuhan Me- Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui keefektifan penggunaan game edukasi wordwall pada materi imbuhan “me-” dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV. Metode penelitian yang diterapkan berjenis kuantitatif melalui metode quasi eksperimen Pretest-Posttest Control Group Desaind. Populasi yang diteliti adalah seluruh siswa kelas IV MIN Salatiga dengan pemilihan sampel menggunakan teknik sampling kuota atau pengambilan sampel dari populasi yang dilakukan melalui penentuan jumlah (kuota) yang diinginkan. Sampel terdiri dari 50 anak dengan pembagian kelas IV A sebagai kelas kontrol dan IV B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, soal tes, dan angket. Keabsahan soal diuji menggunakan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal, dan uji daya pembeda soal. Analisis data dilakukan melalui Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji Hipotesis menggunakan Uji Independent T-Test dan Uji N-Gain berbantuan IBM SPSS Statistic 26. Hasil penelitian menjelaskan bahwa melalui penggunaan media game edukasi wordwall dapat memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran khususnya materi imbuhan “me-“ mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal tersebut didukung dengan respon positif kelas eksperimen dengan presentase rata-rata 82.24%. Adapun hasil analisis menggunakan uji T-Test mendapatkan hasil 0.24 > 0.05 yang artinya terdapat pengaruh terhadap pemahaman materi siswa melalui penggunaan media game edukasi wordwall. Hasil Uji N-Gain juga mendapatkan nilai sebesar 0.3621 yang merupakan kategori 0.3 ≤ g ≤ 0.7 sehingga dapat dikatakan cukup efektif. Dengan demikian, penerapan media game edukasi wordwall terhadap materi imbuhan “me-“ mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV MIN Salatiga terbukti efektif.


Ketersediaan
#
UPT Perpustakaan UIN Salatiga SK 2025 MAI e
25SK347
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
SK 2025 MAI e
Penerbit
Salatiga : UIN Salatiga., 2025
Deskripsi Fisik
30 cm, 180 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2025
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
ILMU PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Penulis,Siti Fatihatul Maidah;Pembimbing,MARWANTO
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UIN Salatiga
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?