Text
Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Mata Pelajaran IPAS Kelas III A SDIT Insan Kamil Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2024/2025
Model TGT, Games, Ular Tangga, PTK, IPAS, Hasil Belajar Hasil belajar menjadi elemen yang mempengaruhi sebuah mutu pendidikan. Hingga saat ini, masih banyak peserta didik yang kurang memiliki motivasi belajar sehingga berpengaruh pada hasil belajarnya. Penelitian yang dilaksanakan di kelas III A SDIT Insan Kamil Suruh bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPAS dengan menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media ular tangga. Penelitian dilakukan karena ada sebagian peserta didik yang belum mencapai KKTP (Kriteria Ketercapain Tujuan Pembelajaran). Model pembelajaran TGT berbantuan media ular tangga dirancang agar partisipasi aktif, motivasi, dan hasil belajar peserta didik meningkat melalui pendekatan kooperatif berbasis permainan edukatif. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan terlaksana dalam 2 siklus. Secara berurutan, setiap siklus terdiri dari tahap planning, action, observation, dan reflection. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas III A SDIT Insan Kamil Suruh yang berjumlah 26 yang dibatasi pada ranah kognitif peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi peserta didik dan guru, dokumentasi, serta soal evaluasi akhir siklus. Analisis data yang digunakan adalah pengukuran rata-rata dan penilaian ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan di setiap siklusnya. Nilai rata-rata kelas meningkat dari 73,88 pada pra siklus kemudian menjadi 83,88 pada siklus II. Ketuntasan belajar secara klasikal juga meningkat dari 57,69% pada pra siklus kemudian menjadi 88,46% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran TGT berbantuan media ular tangga terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPAS pada peserta didik kelas III A SDIT Insan Kamil Suruh. Oleh karena itu, dapat direkomendasikan bahwa model pembelajaran TGT berbantuan ular tangga dapat digunakan untuk mengatasi masalah pada konteks yang serupa.
Tidak tersedia versi lain