UPT Perpustakaan UIN Salatiga

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI KELAS VIII SMP NEGERI 5 SALATIGA

DINA FARIDA SANTI - Nama Orang; Winarno - Nama Orang;

Relasi dan Fungsi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Relasi dan Fungsi. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 5 Salatiga pada semester genap tahun ajaran 2024/2025 dengan menggunakan metode quasi eksperimen dan desain Pre Test dan Post-Test. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak sederhana, yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model PjBL, dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Instrumen penelitian berupa tes esai yang telah divalidasi dan diuji reliabilitasnya. Hasil analisis peningkatan kemampuan berpikir kritis menggunakan n-gain menunjukkan bahwa kelas eksperimen memperoleh rata-rata n-gain sebesar 0,786 (kategori tinggi), sedangkan kelas kontrol memperoleh rata rata n-gain sebesar 0,542 (kategori sedang). Selanjutnya, hasil uji independent t-test terhadap data N-Gain menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning (PjBL) lebih efektif dibandingkan Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Relasi dan Fungsi. Penelitian ini merekomendasikan penerapan model Project Based Learning (PjBL) sebagai pendekatan pembelajaran kontekstual yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, khususnya dalam pembelajaran matematika pada materi Relasi dan Fungsi.


Ketersediaan
#
UPT Perpustakaan UIN Salatiga SK 2025 SAN e
25SK340
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
SK 2025 SAN e
Penerbit
Salatiga : UIN Salatiga., 2025
Deskripsi Fisik
30 cm, 276 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2025
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
ILMU PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Penulis,DINA FARIDA SANTI ;Pembimbing,Winarno
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UIN Salatiga
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?