UPT Perpustakaan UIN Salatiga

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI DI SMP NEGERI 2 TUNTANG TAHUN AJARAN 2024/2025

Muhammad Fahri Abid - Nama Orang; Widyastuti - Nama Orang;

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui 1) apakah terdapat efektivitas model problem based learning dengan media animasi pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Tuntang tahun ajaran 2024/2025?, 2) apakah terdapat efektivitas model Problem Based Learning dengan media power point untuk meningkatkan hasil belajar PAI di SMP Negeri 2 Tuntang tahun ajaran 2024/2025? Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif quasi eksperimental dengan sasaran siswa-siswi SMP Negeri 2 Tuntang kelas VIII. Sampel siswa dipilih secara acak di 2 kelas yang berbeda namun tetap sebanding. Data dikumpulkan melalui tahap pretest dan posttest. Data di analisis menggunakan aplikasi SPSS 26.00 for windows. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yang berbeda yang memiliki kemampuan mirip. Masing-masing kelas yang diambil dari level yang sama yaitu pada kelas VIII. Kelas tersebut dibagi menjadi kelas eksperimen dan kontrol. Ho menyatakan tidak terjadi perbedaan efektivitas model pembelajaran PBL dengan media animasi untuk meningkatkan hasil belajar PAI di SMP N 2 Tuntang. Namun di sisi yang lain Ha menyatakan bahwa terjadi perbedaan efektivitas secara signifikan antara model PBL dengan media animasi dan model PBL dengan media PPT. Ho diterima apabila hasil analisis data pada uji t (t-test) menunjukkan nilai lebih dari 0.05. namun sebaliknya Ha diteriman dan Ho ditolak apabila sig (2-tailed) lebih kecil dari 0.05. Hasil analisis data pada uji t menunjukkan hasil sig (2-tailed) sebesar 0.000 (0.000 < 0.05). Kemudian untuk kelas eksperimen yang impementasinya menggunakan model PBL dengan media animasi mendapatkan nilai rata-rata sebesar 85.28. Sedangkan kelas kontrol yang menggunakan model PBL dengan media PPT mendapatkan nilai rata-rata sebesar 72.00. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa model PBL dengan media animasi terbukti lebih efektif daripada model PBL dengan media PPT untuk meningkatkan hasil belajar PAI di SMP N 2 Tuntang.


Ketersediaan
#
UPT Perpustakaan UIN Salatiga (Skripsi) SK 2025 ABI e
25SK320
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
SK 2025 ABI e
Penerbit
Salatiga : UIN Salatiga., 2025
Deskripsi Fisik
30 cm., 134 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SK 2025
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
ILMU PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Penulis, Muhammad Fahri Abid, Pembimbing, Widyastuti
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UIN Salatiga
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?