Text
PENGARUH REWARD AND PUNISHMENT TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA DAN PERCAYA DIRI SISWA SISWA KELAS VI DI MI MA'ARIF KUMPULREJO 02 KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025
reward and punishment, minat belajar matematika, percaya diri siswa. Tujuan utama penelitian ini adalah mengetahui apakah reward and punishment memiliki pengaruh terhadap minat belajar matematika dan rasa percaya diri siswa. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui seberapa besar minat belajar matematika dan rasa percaya diri siswa kelas VI MI Ma'arif Kumpulrejo 02 pada tahun ajaran 2024–2025. Penelitian kuantitatif dengan desain survei deskriptif merupakan metodologi yang digunakan dalam penelitian ini. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini, digunakan kuesioner/angket dan dokumentasi. Peneliti memakai uji asumsi klasik yang berupa uji normalitas, linearitas, heteroskedastisitas, dan hipotesis yang meliputi uji regresi linier dasar dan koefisien determinasi. Kajian ini menunjukkan bahwa, pertama, minat belajar matematika dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh reward and punishment.. Kedua, reward and punishment memiliki dampak positif dan signifikan terhadap percaya diri siswa. Ketiga, reward and punishment memiliki pengaruh sebesar 10,8% terhadap minat belajar matematika, dan 65,5% terhadap percaya diri siswa.
Tidak tersedia versi lain