Text
PENGARUH KEAKTIFAN BERORGANISASI DAN KONSEP DIRI TERHADAP KEDISIPLINAN BERIBADAH PADA SISWA DI MAN 2 SEMARANG TAHUN AJARAN 2024/2025
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1.) pengaruh keaktifan berorganisasi terhadap kedisiplinan beribadah siswa, 2.) pengaruh konsep diri terhadap kedisiplinan beribadah siswa, dan 3.) pengaruh keaktifan berorganisasi dan konsep diri terhadap kedisiplinan beribadah pada siswa di MAN 2 Semarang Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis korelasional dengan metode pengumpulan data melalui kuesioner dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 543 siswa MAN 2 Semarang, dengan sampel sebanyak 54 siswa yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh antara keaktifan berorganisasi dan kedisiplin beribadah hal ini dibuktikan dengan analisis regresi sederhana menggunakan uji T yang Menghasilkan nilai signifikansi 0,004 < 0,05. 2) Terdapat pengaruh antara konsep diri terhadap kedisiplinan beribadah hal ini dibuktikan dengan analisis regresi sederhana menggunakan uji T yang menghasilkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. 3) Berdasarkan hasil analisis regresi berganda menggunakan uji F yang menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara keaktifan berorganisasi dan konsep diri terhadap kedisiplinan beribadah pada siswa di MAN 2 Semarang tahun ajaran 2024/2025.
Tidak tersedia versi lain