UPT Perpustakaan UIN Salatiga

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI BERBASIS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) DI SMA NEGERI 1 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025

HISNAN NIDA SALSABILA - Nama Orang; Purnomo - Nama Orang;

Salsabila, Hisnan Nida. 2025. Implementasi Pembelajaran PAI dan BP berbasis Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) di SMA Negeri 1 Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Purnomo, M.Pd.I. Kata kunci: Implementasi, Pembelajaran PAI dan BP, Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Tujuan penelitian untuk mengetahui: 1) Perencanaan implementasi pembelajaran PAI dan BP berbasis TPACK, 2) Pelaksanaan implementasi pembelajaran PAI dan BP berbasis TPACK. Peneliti menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu kondensasi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran PAI dan BP berbasis TPACK di SMA Negeri 1 Salatiga: 1) Perencanaan dilakukan dengan mencakup pemahaman capaian pembelajaran (CP), perumusan tujuan pembelajaran (TP) dalam merumuskan TP guru menggunakan unsur Audiens, Behavior Condition Degree (ABCD), penyusunan alur tujuan pembelajaran (ATP), perencanaan modul ajar, dan perencanaan asesmen. Dalam memahami dan merumuskan CP serta TP melalui kegiatan In House Training (IHT). Penggunaan teknologi dalam asesmen, dengan Learning Management System (LMS) berupa Moodle. Terdapat juga upaya untuk menciptakan asesmen terintegritas. 2) Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan pendahuluan, inti, dan penutup. Pada tahap pendahuluan, guru menggunakan apersepsi menarik. Dalam kegiatan inti, guru memanfaatkan teknologi seperti LCD proyektor, video interaktif, Canva, dan platform pembelajaran online, serta menerapkan model pembelajaran berbasis masalah Problem Based Learning (PBL) untuk merangsang pemikiran kritis siswa. Kegiatan penutup melibatkan evaluasi pemahaman siswa melalui diskusi dan umpan balik.


Ketersediaan
#
UPT Perpustakaan UIN Salatiga (Skripsi) SK 2025 SAL i
25SK317
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
SK 2025 SAL i
Penerbit
Salatiga : UIN Salatiga., 2025
Deskripsi Fisik
30 cm., 147 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SK 2025
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
ILMU PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Penulis, HISNAN NIDA SALSABILA, Pembimbing, Purnomo
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UIN Salatiga
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?