Text
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI BERBASIS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) DI SMA NEGERI 1 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025
Salsabila, Hisnan Nida. 2025. Implementasi Pembelajaran PAI dan BP berbasis Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) di SMA Negeri 1 Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Purnomo, M.Pd.I. Kata kunci: Implementasi, Pembelajaran PAI dan BP, Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Tujuan penelitian untuk mengetahui: 1) Perencanaan implementasi pembelajaran PAI dan BP berbasis TPACK, 2) Pelaksanaan implementasi pembelajaran PAI dan BP berbasis TPACK. Peneliti menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu kondensasi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran PAI dan BP berbasis TPACK di SMA Negeri 1 Salatiga: 1) Perencanaan dilakukan dengan mencakup pemahaman capaian pembelajaran (CP), perumusan tujuan pembelajaran (TP) dalam merumuskan TP guru menggunakan unsur Audiens, Behavior Condition Degree (ABCD), penyusunan alur tujuan pembelajaran (ATP), perencanaan modul ajar, dan perencanaan asesmen. Dalam memahami dan merumuskan CP serta TP melalui kegiatan In House Training (IHT). Penggunaan teknologi dalam asesmen, dengan Learning Management System (LMS) berupa Moodle. Terdapat juga upaya untuk menciptakan asesmen terintegritas. 2) Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan pendahuluan, inti, dan penutup. Pada tahap pendahuluan, guru menggunakan apersepsi menarik. Dalam kegiatan inti, guru memanfaatkan teknologi seperti LCD proyektor, video interaktif, Canva, dan platform pembelajaran online, serta menerapkan model pembelajaran berbasis masalah Problem Based Learning (PBL) untuk merangsang pemikiran kritis siswa. Kegiatan penutup melibatkan evaluasi pemahaman siswa melalui diskusi dan umpan balik.
Tidak tersedia versi lain