UPT Perpustakaan UIN Salatiga

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square pada Materi Unsur Cerita Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MIN 5 Semarang

Zila Mu'adila - Nama Orang; MARWANTO - Nama Orang;

Tujuan penelitian ini adalah, (1) mengetahui hasil belajar siswa pada materi unsur cerita mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V di MIN 5 Semarang, (2) mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Word Square pada materi unsur cerita mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V di MIN 5 Semarang (3) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Word Square terhadap hasil belajar siswa pada materi unsur cerita mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V di MIN 5 Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Designs yang menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan menggunakan model Word Square, sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode konvensional. Model Word Square sebagai variabel bebas, sementara hasil belajar sebagai variabel terikat. Siswa kelas V MI Negeri 5 Semarang dijadikan sampel pada penelitian ini, dengan jumlah 19 siswa pada kelas eksperimen dan 20 siswa pada kelas kontrol. Data penelitian didapat dari tes dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan Independent Sample T-Test untuk menguji pengaruh penggunaan model Word Square terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model Word Square memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar pada materi unsur cerita. Hal ini terlihat dari rata-rata nilai post-test kelas eksperimen yang mencapai 90,74, sementara kelas kontrol hanya 66,90. Hasil uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-Test menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000, yang lebih kecil dari 0,05, sehingga


Ketersediaan
#
UPT Perpustakaan UIN Salatiga (Skripsi) SK 2025 MUA p
25SK314
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
SK 2025 MUA p
Penerbit
Salatiga : UIN Salatiga., 2025
Deskripsi Fisik
30 cm., 70 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SK 2025
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
ILMU PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Penulis, Zila Mu'adila, Pembimbing, Marwanto
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UIN Salatiga
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?