Text
PENGARUH INTENSITAS MENGIKUTI KEGIATAN KEAGAMAAN DAN INTERAKSI EDUKATIF TERHADAP SIKAP TOLERANSI SISWA KELAS XI DI MAN 1 SEMARANG TAHUN AJARAN 2024/2025
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh intensitas mengikuti kegiatan keagamaan terhadap sikap toleransi, interaksi edukatif terhadap sikap toleransi, serta intensitas mengikuti kegiatan keagamaan dan interaksi edukatif terhadap sikap toleransi siswa kelas XI di MAN 1 Semarang Tahun Ajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Semarang pada bulan April 2025. Populasi yang diambil adalah 253 siswa dari kelas XI dan sampel sebanyak 72 siswa menggunakan teknik simple random sampling. Variabel dalam penelitian ini yaitu Intensitas Mengikuti Kegiatan Keagamaan (X1), Interaksi edukatif (X2) dan Sikap Toleransi (Y). Penelitian ini menggunakan uji validitas dan reabilitas untuk uji coba instrument,dan diperoleh sebanyak 44 butir soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh sebesar 25,5% antara intensitas mengikuti kegiatan keagamaan terhadap sikap toleransi siswa kelas XI di MAN 1 Semarang. (2) terdapat pengaruh sebesar 25,6% antara interaksi edukatif terhadap sikap toleransi siswa kelas XI di MAN 1 Semarang. (3) terdapat pengaruh antara intensitas mengikuti kegiatan keagamaan dan interaksi edukatif terhadap sikap toleransi siswa kelas XI di MAN 1 Semarang Tahun Ajaran 2024/2025. Berdasarkan hasil uji Koefisien Determinasi (r2) untuk variabel X1 dan variabel X2 secara simultan diperoleh hasil sebesar 0,421 atau 42,1%.
Tidak tersedia versi lain