UPT Perpustakaan UIN Salatiga

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

KONSELING KELOMPOK MELALUI TEKNIK HUSNUDZON DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPHY (REBT) UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI PADA SISWA SMP N 10 SALATIGA

RISKA DESTI MARIA - Nama Orang; Lilik Sriyanti - Nama Orang;

Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain Non-Equivalent Pre-Test and Post-Test control-group design. Instrumen yang digunakan adalah skala percaya diri yang sudah direview oleh pakar dan sudah diuji validitas dan reliabilitas sehingga layak digunakan. Populasi penelitian ini berjumlah 32 siswa kelas VIIA SMP N 10 Salatiga. Sampel diambil dengan purposive sampling sebanyak 16 siswa yang menunjukan tingkat percaya diri cukup dan sedang dengan kiteria skor percaya diri paling rendah, sampel dibagi menjadi 2 kelas eksperimen dan kontrol. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji-t.Hasil penelitian menunjukkan (1) Tingkat percaya diri siswa kelas VIIA SMP N 10 Salatiga yang menunjukan bahwa terdapat 0 atau 0% siswa yang mempunyai tingkat percaya diri rendah, kemudian ada 11 atau 34,37 % siswa yang memiliki tingkat percaya diri cukup, 19 atau 59,37 yang memiliki tingkat percaya diri sedang, hanya ada 2 atau 6,25 % siswa dengan tingkat percaya diri tinggi ; (2) Pelaksanaan konseling kelompok dilaksanakan 3 kali pertemuan: (a) mengidentifikasi masalah yaitu menemukan sumber penyebab tidak percaya diri. (b) Mengungkap pikiran irasional yang menghambat dan mengubahnya menjadi lebih rasional. (c) Meningkatkan percaya diri digunakan untuk mendorong siswa agar berani tampil, berpendapat, dan terlibat aktif dalam lingkungan sosial maupun akademik ; (3) Berdasarkan hasil uji independent sample test diketahui bahwa nilai signifikansi (2-tailed) untuk pre-test dan post-test adalah 0,000. Karena nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kriteria pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai t-tabel dengan (df) 14 pada taraf signifikansi 5% (0,05) adalah sebesar 1,761. Sedangkan nilai t-hitung sebesar 7,181, sehingga t-hitung > t-tabel (7,181 > 1,761). Maka dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok melalui teknik husnudzon dengan pendekatan REBT efektif untuk meningkatkan tingkat percaya diri pada siswa SMP N 10 Salatiga.


Ketersediaan
#
UPT Perpustakaan UIN Salatiga SK 2025 MAR k
25SK321
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
SK 2025 MAR k
Penerbit
Salatiga : UIN Salatiga., 2025
Deskripsi Fisik
30 cm, 152 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2025
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
ILMU PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Penulis,RISKA DESTI MARIA;Pembimbing,Lilik Sriyanti
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UIN Salatiga
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?