Text
HUBUNGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MOBILE LEARNING DENGAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII DI SMPN 4 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025
Rizqoh, A’la Alvina. 2025. Hubungan Pembelajaran Berbasis Mobile Learning dengan Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas VIII di SMPN 4 Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Mukh Nursikin M.S.I. Kata Kunci: mobile learning; berpikir kritis; kreativitas Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran mobile learning, berpikir kritis, kreativitas, hubungan pembelajaran mobile learning dengan berpikir kritis, hubungan pembelajaran mobile learning dengan kreativitas, hubungan berpikir kritis dengan kreativitas dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas VIII di SMPN 4 Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi yang menjadi objek penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 4 Salatiga sebanyak 255 siswa, dan sampel sebanyak 72 siswa diambil menggunakan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan metode uji korelasi untuk melihat hubungan antar variabel secara simultan. Hasil penellitian menunjukan bahwa: (1) Ada hubungan antara pembelajaran mobile learning dengan berpikir kritis dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas VIII di SMPN 4 Salatiga, hal ini ditunjukan dengan rhitung 0,701 > rtabel 0,235, sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. (2) Ada hubungan antara pembelajaran mobile learning dengan kreativitas dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas VIII di SMPN 4 Salatiga, hal ini ditunjukan dengan rhitung 0,558 > rtabel 0,235, sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. (3) Ada hubungan antara berpikir kritis dengan kreativitas dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas VIII di SMPN 4 Salatiga, hal ini ditunjukan dengan rhitung 0,287 > rtabel 0,235, sehingga H1 diterima dan H0 ditolak.
Tidak tersedia versi lain