Text
Efektivitas Model Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) Berbantuan Geogebra Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Persamaan Garis Lurus pada Siswa Kelas VIII SMP Dharma Lestari Kota Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025
Efektivitas Model Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) Berbantuan Geogebra Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Persamaan Garis Lurus pada Siswa Kelas VIII SMP Dharma Lestari Kota Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Wulan Izzatul Himmah, M.Pd. Kata Kunci: Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT), Geogebra, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran REACT berbantuan Geogebra terhadap hasil belajar matematika materi persamaan garis lurus pada siswa kelas VIII SMP Dharma Lestari Kota Salatiga tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu, menggunakan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP Dharma Lestari. Sampel diambil menggunakan metode cluster random sampling, menghasilkan kelas VIII C sebagai kelas kontrol dan kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dengan masing-masing kelas berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, angket respon siswa, observasi, dan dokumentasi. Soal tes hasil belajar telah diuji validitasnya melalui uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, serta daya pembeda soal dengan bantuan IBM SPSS Statistics 25. Analisis data mencakup uji normalitas dan homogenitas, serta dilanjutkan uji N-Gain, One Sample T-Test, dan Independent Sample T-Test. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa uji N-Gain menghasilkan peningkatan dari selisih rata-rata pretest-posttest hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 67,03%, sedangkan rata-rata siswa kelas kontrol sebesar 52,23%, yang berarti terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Sedangkan hasil uji One Sample T-Test hasil belajar siswa kelas eksperimen telah memenuhi KKTP dengan nilai rata rata posttest 79,22. Hal ini juga dibuktikan dengan uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai signifikansi 0,004 menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara rata-rata posttest hasil belajar siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan ketiga kriteria keefektifan, penelitian ini telah memenuhi semua sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) berbantuan Geogebra efektif terhadap hasil belajar matematika materi persamaan garis lurus pada siswa kelas VIII SMP Dharma Lestari Kota Salatiga tahun ajaran 2024/2025
Tidak tersedia versi lain