UPT Perpustakaan UIN Salatiga

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

ANALISIS MISKONSEPSI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN FIVE TIER CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) POKOK BAHASAN KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2024/2025

ISNA NURULLAILI ZUHRIYAH - Nama Orang; Khusna Widhyahrini - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat persentase miskonsepsi dan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya miskonsepsi siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup dengan penggunaan Five-Tier Certainty of Response Index (CRI) kelas VII SMP Muhammadiyah Salatiga Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini termasuk jenis metode deskriptif kualitatif menggunakan sumber data berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan tes diagnostik model Five Tier Certainty of Response Index (CRI), angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif untuk memperoleh data berupa persentase. Sedangkan analisis data kualitatif untuk menganalisis hasil penelitian meliputi tahap reduksi data, tahap penyajian data (data display), dan tahap penarikan kesimpulan (verification). Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya tingkat miskonsepsi siswa kelas VII SMP Muhammadiyah pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup dengan persentase 25%. Persentase setiap kategori pemahaman menunjukkan Paham Konsep sebesar 12%, Paham Konsep Kurang Yakin sebesar 6%, Tidak Tahu Konsep sebesar 58%, Eror sebesar 15, serta miskonsepsi sebesar 25%. Faktor yang memengaruhi terjadinya miskonsepsi paling besar berasal dari siswa sebesar 68% dan metode belajar sebesar 47%. Maka dapat disimpulkan bahwa miskonsepsi yang dialami siswa sebesar presentase 25% dengan 2 faktor penyebab miskonsepsi tertinggi secara berturut-turut adalah dikarenakan pemikiran pribadi siswa dan metode belajar.


Ketersediaan
#
UPT Perpustakaan UIN Salatiga (Skripsi) SK 2025 ZUH a
25SK294
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
SK 2025 ZUH a
Penerbit
Salatiga : UIN Salatiga., 2025
Deskripsi Fisik
30 cm., 234 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SK 2025
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
ILMU PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Penulis, ISNA NURULLAILI ZUHRIYAH, Pembimbing, Khusna Widhyahrini
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UIN Salatiga
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?