UPT Perpustakaan UIN Salatiga

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIZ BAGI SISWA INKLUSI DALAM MEMBENTUK GENERASI QUR’ANI DI SMP NEGERI 7 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025

LAILA NADHIFAH - Nama Orang; Imam sutomo - Nama Orang;

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Perencanaan program tahfiz bagi siswa inklusi dalam membentuk generasi Qur’ani di SMP Negeri 7 Salatiga tahun ajaran 2024/2025. 2) Proses pelaksanaan program tahfiz bagi siswa inklusi dalam membentuk generasi Qur’ani di SMP Negeri 7 Salatiga tahun ajaran 2024/2025. 3) Faktor pendukung dan penghambat implementasi program tahfiz bagi siswa inklusi dalam membentuk generasi Qur’ani di SMP Negeri 7 Salatiga tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif dengan pendekatan penelitian lapangan. Data yang digunakan berasal dari sumber primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, serta dokumentasi. Sementara itu, analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk memastikan keabsahan data, penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Perencanaan program tahfiz bagi siswa inklusi mencakup menentukan tujuan, target hafalan, tim pengajar, edukasi kepada orang tua serta evaluasi berkala. 2) Pelaksanaan program tahfiz didampingi oleh wali kelas dan mahasiswa UIN Salatiga, dengan metode tasmi’, talaqqi, murojaah, takrir, dan tutor sebaya. 3) Faktor pendukung dari program tahfiz yaitu guru pengampu tahfiz, kurikulum inklusif, lingkungan yang mendukung, dukungan dan motivasi serta adanya guru pembimbing khusus. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya muwajih (guru pendamping), kesamaan ayat, penggunaan perangkat elektronik, keterbatasan waktu dan fasilitas, kondisi setiap anak yang berbeda dan kurangnya konsentrasi. Program tahfiz ini mencerminkan nilai-nilai Qur’ani dalam diri siswa yaitu nilai keimanan (aqidah), ibadah, kesabaran, ketekunan, kejujuran, kedisiplinan, tanggung jawab, kepedulian sosial, motivasi, semangat belajar serta moral.


Ketersediaan
#
UPT Perpustakaan UIN Salatiga SK 2025 NAD i
25SK296
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
SK 2025 NAD i
Penerbit
Salatiga : UIN Salatiga., 2025
Deskripsi Fisik
30 cm, 191 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2025
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
agama
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Penulis,LAILA NADHIFAH;Pembimbing,Imam Sutomo
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UIN Salatiga
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?