UPT Perpustakaan UIN Salatiga

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK PSIKODRAMA BERDASARKAN SURAT AL IMRAN AYAT 139 UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 SALATIGA

Erfaliyah Yusiyani - Nama Orang; Wahidin - Nama Orang;

Penelitian ini di dasari oleh permasalahan siswa yang memiliki keraguan didalam dirinya seperti siswa tampil didepan kelas, mereka cenderung malu, takut salah, minder saat mengerjakan sesuatu, dan tidak mau menjawab soal dari guru. Bertujuan untuk mengetahui tingkat percaya diri pada siswa kelas XI di SMA Negeri 3 Salatiga, mengetahui penerapan teknik psikodrama untuk meningkatkan percaya diri pada siswa, dan mengetahui efektivitas konseling kelompok dengan teknik psikodrama berdasarkan surat Al Imran untuk meningkatkan percaya diri siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang digunakan adalah quasi eksperimen desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini sebanyak 50 siswa menggunakan 12 kelas yang setiap kelas mewakili 4-5 siswa sebagai klasifikasi penelitian yang memiliki karakteristik beragama muslim. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 10 siswa yang dibagi sama rata 5 siswa untuk kelompok eksperimen dan 5 siswa untuk kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan uji t, paires sample t-test (independent samples t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perubahan yang dibuktikan dengan hasil mean skor pretes-posttest pada kelompok eksperimen sebesar 62 menjadi 78,2. Penerapan teknik psikodrama efektif meningkatkan percaya diri siswa SMA Negeri 3 Salatiga yang di buktikan dengan hasil N-Gain sebesar 0,16 yang berarti terjadi peningkatan dibandingkan kelompok kontrol yang diberikan treatment lain. Hasil ini juga dibuktikan dengan hasil uji t, diperoleh nilai sig 0.000 menunjukkan bahwa 0,000 < 0,05, sehingga Ho ditolak Ha diterima. Dengan demikian berarti hipotesis yang menyatakan konseling kelompok dengan teknik psikodrama efektif untuk meningkatkan percaya diri siswa SMA Negeri 3 Salatiga.


Ketersediaan
#
UPT Perpustakaan UIN Salatiga (Skripsi) SK 2025 YUS k
25SK280
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
SK 2025 YUS k
Penerbit
Salatiga : UIN Salatiga., 2025
Deskripsi Fisik
30 cm., 153 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SK 2025
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
ILMU PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Penulis, Erfaliyah Yusiyani, Pembimbing, Wahidin
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UIN Salatiga
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?