UPT Perpustakaan UIN Salatiga

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DI SMA NEGERI 1 TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2024

Muhamad Kholil - Nama Orang; Purnomo - Nama Orang;

Kholil,Muhamad. 2025. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nila-Nilai Multikultural di SMA Negeri 1 Tuntang Kabupaten Semarang Tahun 2024. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Purnomo, M.Pd.I Kata Kunci: Strategi Guru, Penanaman Nilai, Nilai Multikultural, Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1. Metode guru dalam menanamkan nilai-nilai multikultural bagi siswa SMA; 2. Dampak yang dihasilkan dari penanaman nilai-nilai multikultural bagi siswa SMA dengan menggunakan berbagai metode. Penelitian ini ialah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif study kasus. Data primer penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru PAI dan siswa. Data sekunder penelitian ini adalah modul ajar, kurikulum operasional sekolah, dan dokumen kegiatan dalam kelas maupun luar kelas. Prosedur pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan, sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber serta teknik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai multikultural di SMA Negeri 1 Tuntang. 1. Penanaman nilai dilakukan melalui tiga tahapan, yakni perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan, guru menyusun modul ajar dengan mengintegrasikan nilai multikultural ke dalam pembelajaran. Tahap pelaksanaan berlangsung di dalam dan luar kelas; di kelas melalui metode ceramah, problem based learning, dan penggunaan media pembelajaran, sedangkan di luar kelas melalui kegiatan perayaan hari besar keagamaan, bakti sosial, dan Jumat Religi. Evaluasi dilakukan melalui soal pilihan ganda maupun esai dalam ulangan harian, ujian tengah semester, dan ujian akhir. 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi ini memberikan dampak positif terhadap peningkatan akademik siswa, membentuk karakter toleran dan disiplin, serta mendorong pola pikir kritis.


Ketersediaan
#
UPT Perpustakaan UIN Salatiga (Skripsi) SK 2025 KHO s
25SK279
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
SK 2025 KHO s
Penerbit
Salatiga : UIN Salatiga., 2025
Deskripsi Fisik
30 cm., 244 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SK 2025
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
agama
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Penulis, Muhamad Kholil, Pembimbing, Purnomo
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UIN Salatiga
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?