Text
EFEKTIVITAS MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA WORDWALL POKOK BAHASAN EKOSISTEM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VII MTs NEGERI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2024/2025
Efektivitas Model Teams Games Tournament Berbantuan Media Wordwall Pokok Bahasan Ekosistem Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII MTs Negeri Salatiga Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Muslimah Susilayati M.Pd. Kata Kunci: Teams Games Tournament; Berpikir Kritis; Wordwall Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model Teams Games Tournament berbantuan media Wordwall pokok bahasan Ekosistem terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VII MTs Negeri Salatiga tahun pelajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode True Experimental Design menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII MTs Negeri Salatiga Tahun Pelajaran 2024/2025 berjumlah 11 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling, didapatkan dua kelas sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen (masing-masing 27 peserta didik). Instrumen yang digunakan berupa instrumen soal, lembar observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data tes dengan melakukan uji hipotesis yaitu uji Independent Sample T- Test berbantuan software SPSS 26.0. Hasil analisis data tes, diperoleh dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga Ho ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat hubungan yang kuat antar variabel. Hasil tersebut juga didukung oleh lebih tingginya perolehan persentase skor data non tes pada kelas eksperimen yaitu hasil observasi kegiatan peserta didik (98%) dan angket respon (85%) dibanding kelas kontrol yaitu hasil observasi kegiatan peserta didik (96%) dan angket respon (77%). Hal ini berarti sebagian besar peserta didik kelas eksperimen lebih berpartisipasi dan merespon model dan media pembelajaran yang digunakan dengan lebih baik. Selain itu keefektifan ini juga didukung dari data hasil dokumentasi, yang menunjukkan lebih kondusif dan aktifnya pembelajaran kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol, terlihat dari perolehan persentase aktivitas peserta didik kelas eksperimen pada sintaks game dan tournament sebesar 95% dan 96%, yang lebih tinggi dari pada sintaks pelatihan terstuktur dan terbimbing pada kelas kontrol yaitu 81% dan 82%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa model Teams Games Tournament berbantuan media wordwall pokok bahasan ekosistem efektif terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VII MTs Negeri Salatiga tahun pelajaran 2024/2025.
Tidak tersedia versi lain