UPT Perpustakaan UIN Salatiga

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP (PLANTAE) KELAS VII SMP NEGERI 1 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Febi Iftiya - Nama Orang; Fenny Widiyanti - Nama Orang;

Efektivitas Model Pembelajaran Group Investigation dengan Metode Tutor Sebaya terhadap Hasil Belajar Materi Klasifikasi Makhluk Hidup (Plantae) Kelas VII SMP Negeri 1 Salatiga Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi: Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Fenny Widiyanti, M.Pd. Kata Kunci: Efektivitas; Model Group Investigation; Metode Tutor Sebaya; Hasil Belajar. Tujuan dari pembelajaran ini adalah untuk (1) mengetahui hasil belajar model pembelajaran direct instruction dengan power point materi klasifikasi makhluk hidup (plantae), (2) mengetahui hasil belajar model pembelajaran group investigation dengan metode tutor sebaya materi klasifikasi makhluk hidup (plantae), dan (3) mengetahui efektivitas model pembelajaran group investigation dengan metode tutor sebaya terhadap hasil belajar materi klasifikasi makhluk hidup (plantae). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode true experimental menggunakan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VII sebanyak 8 kelas SMP Negeri 1 Salatiga yaitu kelas VII A – VII H yang berjumlah 257. Sampel yang diambil yaitu 2 kelas yaitu kelas VII D yang menggunakan model group investigation dengan metode tutor sebaya dan VII E yang menggunakan model direct instruction dengan power point, masing-masing kelas berjumlah 32 peserta didik, sehingga total sampel berjumlah 64. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling. Adapun teknik pengumpulan data berupa tes dan nontes. Instrumen berupa pretest, posttest, angket respon peserta didik, dan angket keterlaksanaan pembelajaran. Instrumen pretest dan posttest yang digunakan telah melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya pembeda. Teknik analisis data penelitian ini terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar IPA model direct instruction dengan power point memperoleh nilai rata-rata posttes sebesar 73,69 dengan minimum 40, maksimum 94, dan sum sebesar 2358 (2) hasil belajar IPA model pembelajaran group investigation dengan metode tutor sebaya memperoleh nilai rata-rata posttes sebesar 81,97 dengan minimum 67, maksimum 100, dan sum sebesar 2580, (3) uji hipotesis menggunakan statistik parametrik dengan jenis uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai thitung 2,282 > ttabel 1,999 dan nilai signifikansi (2-tailed) 0,026 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Didukung oleh angket respon peserta didik yang diketahui bahwa 16 peserta didik memberikan respon baik sekali dan 16 lainnya memberikan respon baik. Kesimpulannya dari penelitian ini yaitu model pembelajaran group investigation dengan metode tutor sebaya efektif terhadap hasil belajar materi klasifikasi makhluk hidup (plantae) kelas VII SMP Negeri 1 Salatiga tahun pelajaran 2024/2025. Implikasi penelitian ini yaitu dapat memberikan dampak baik terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII materi klasifikasi makhluk hidup (plantae) serta dapat menumbuhkan sikap kolaborasi dan tanggung jawab antar teman sebaya.


Ketersediaan
#
UPT Perpustakaan UIN Salatiga SK 2025 IFT e
25SK287
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
SK 2025 IFT e
Penerbit
Salatiga : UIN Salatiga., 2025
Deskripsi Fisik
30 cm, 217 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2025
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
ILMU PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Penulis,Febi Iftiya;Pembimbing,Fenny Widiyanti
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UIN Salatiga
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?