UPT Perpustakaan UIN Salatiga

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING (GBL) BERBANTU MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN KELAS III MIS PERWANIDA SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025

Syifa Febriyanti - Nama Orang; Ms Viktor Purhanudin - Nama Orang;

Febriyanti, Syifa. 2025. Efektivitas Model Pembelajaran Game Based Learning (GBL) Berbantu Media Wordwall terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Operasi Hitung Campuran Kelas III MIS Perwanida Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025: skripsi, Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Jurusan Guru Kelas. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: MS Viktor Purhanudin, M.Pd. Kata Kunci: model game based learning, media wordwall, dan hasil belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan menguji efektivitas model pembelajaran game based learning (GBL) berbantu media wordwall terhadap hasil belajar siswa pada materi operasi hitung campuran kelas III MIS Perwanida Salatiga tahun ajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan true experimental design yang di mana sampel penelitiannya menggunakan pretest-posttest control group design. Penelitian ini melibatkan 31 siswa, dengan 15 siswa sebagai kelompok kontrol dan 16 siswa sebagai kelompok eksperimen. Instrumen penelitian ini meliputi soal pretest dan posttest, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran game based learning (GBL) berbantu media wordwall efektif terhadap hasil belajar siswa pada materi operasi hitung campuran kelas III MIS Perwanida Salatiga. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yang dilakukan menggunakan IBM SPSS Statistics 25, di mana uji independent sample t-test menunjukkan nilai signifikasi 0,05 dengan hasil Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 (Pvalue 0,000 < 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini diperkuat oleh perhitungan N-Gain efektivitas model pembelajaran Game Based Learning (GBL) berbantu media wordwall yang menunjukkan nilai sebesar 0,8545 atau 85% yang termasuk dalam kategori efektif. Rata-rata nilai posttest untuk kelompok eksperimen adalah 91,25, sedangkan rata-rata nilai posttest kelompok kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional adalah 72,67.


Ketersediaan
#
UPT Perpustakaan UIN Salatiga (Skripsi) SK 2025 FEB e
25SK277
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
SK 2025 FEB e
Penerbit
Salatiga : UIN Salatiga., 2025
Deskripsi Fisik
30 cm, 176 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2025
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
ILMU PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Penulis, Syifa Febriyanti, Pembimbing, Ms Viktor Purhanudin
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UIN Salatiga
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?