UPT Perpustakaan UIN Salatiga

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

UPAYA GURU DALAM MENUMBUHKAN KETERAMPILAN 4C (CRITICAL THINKING, CREATIVITY, COMMUNICATION, AND COLLABORATION) PESERTA DIDIK MELALUI MATA PELAJARAN MATEMATIKA MI MA’ARIF MANGUNSARI

FARIDA ASDIYATI - Nama Orang;

Asdiyati, Farida. 2025. Upaya Guru dalam Menumbuhkan Keterampilan 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication, and Collaboration) Peserta Didik melalui Pelajaran Matematika MI Ma’arif Mangunsari. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: MS Viktor Purhanudin, M.Si. Kata Kunci: upaya guru, keterampilan 4C, pelajaran matematika. Tujuan skripsi ini adalah: 1) Untuk menganalisis upaya guru dalam menumbuhkan keterampilan 4C (critical thingking, creativity, communication, and collaboration) melalui pelajaran matematika peserta didik kelas V E MI Ma’arif Mangunsari. 2) Untuk menjelaskan faktor pendukung dan penghambat guru dalam menumbuhkan keterampilan 4C (critical thingking, creativity, communication, and collaboration) melalui pelajaran matematika peserta didik kelas V E MI Ma’arif Mangunsari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas V E yang sekaligus menjadi pengajar mata pelajaran matematika di kelas tersebut, dan empat siswa kelas V E untuk memberikan bukti upaya guru dalam menumbuhkan keterampilan 4C. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan observasi wawancara serta dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini dengan metode triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) upaya guru dalam menumbuhkan keterampilan 4C diantaranya adalah: a) critical thinking ditumbuhkan guru dengan membiasakan peserta didik dengan belajar, mendorong peserta didik untuk bertanya, memberikan kesempatan untuk pertanyaan terbuka, serta memberikan soal yang menantang dan membutuhkan analisis. b) creativity ditumbuhkan guru dengan melatih logika siswa, menggunakan sumber belajar dari selain buku pendamping, melatih berpikir secara divergen, melatih peserta didik untuk menemukan solusi alternatif dari suatu masalah, mengembangkan rasa percaya diri dan keberanian untuk mencoba hal-hal baru, melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual. c) communication ditumbuhkan guru dengan melatih presentasi, diskusi antar kelompok, dan memberikan tugas secara berkelompok. d) collaboration ditumbuhkan guru dengan tutor sebaya 2) Faktor pendukung dalam menumbuhkan keterampilan 4C berasal dari internal dan eksternal. Faktor pendukung internal diantaranya timbul dari guru dan juga peserta didik. Sedangkan faktor eksternal pendukung upaya guru berasal dari lingkungan belajar. Faktor penghambat upaya guru dalam menumbuhkan keterampilan 4C adalah perbedaan kemampuan yang dimiliki peserta didik dan kurangnya dukungan dari orang tua.


Ketersediaan
#
UPT Perpustakaan UIN Salatiga SK 2025 ASD u
25SK257
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
SK 2025 ASD u
Penerbit
Salatiga : UIN Salatiga., 2025
Deskripsi Fisik
30 cm, 153 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2025
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
ILMU PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Penulis,FARIDA ASDIYATI;Pembimbing,MS Viktor Purhanudin
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UIN Salatiga
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?